Penyakit Serangan Jantung

Penyakit serangan jantung atau dalam bahasa medis disebut infark miokardial (bahasa Inggris: Myocardial infarction, acute myocardial infarction, MI, AMI) merupakan suatu keadaan terhentinya aliran darah, walaupun cuma sesaat, yang menuju ke organ jantung, dan mengakibatkan sebagian sel-sel otot jantung menjadi rusak atau bahkan mati. Serangan jantung banyak disebabkan oleh penyumbatan pembuluh darah.

Serangan jantung paling utama diakibatkan oleh penyakit jantung koroner. Pada penyakit jantung koroner, terdapat plak yang terbentuk dan menyumbat di pembuluh koroner jantung. Hal ini sering disebut dengan aterosklerosis. Plak ini biasanya terbentuk dari kolesterol dan sel-sel lainnya. Jumlah dan ukuran plak memang kecil. Namun, bilamana plak meningkat secara perlahan-lahan maka lama kelamaan akan membuat bagian dalam pembuluh darah menyempit. Bilamana plak yang menggumpal pecah dan tersendat maka akan memicu terjadinya serangan jantung.

Serangan jantung merupakan suatu kondisi yang gawat darurat. Tiap menitnya adalah sangat penting untuk keberlangsungan hidup penderita. Kenapa? Oleh karena beberapa kerusakan sel akibat serangan jantung hanya dapat diperbaiki ada menit-menit atau jam pertama saja.

Penyakit jantung adalah penyakit penyebab kematian nomor satu di Amerika pada usia dewasa. Penyakit jantung, stroke, dan penyakit periferal arterial adalah penyakit yang sangat mematikan. Di seluruh dunia, jumlah penderita penyakit ini terus bertambah.

PENGENALAN ORGAN JANTUNG
Jantung merupakan organ berotot otot yang memiliki bentuk kerucut dan berongga dengan letak basisnya di atas sementara puncaknya di bawah. Apex-nya (puncak) berposisi miring ke bagian kiri. Jantung memiliki berat sekitar 250-300 gram. Otot-otot jantung harus berkontraksi secara bergantian dan ritmik agar berfungsi sebagai pemompa yang efisien dan efektif.

Baca juga : Anatomi dan Sirkulasi Perdarahan Organ Jantung

PENGERTIAN DAN PENYEBAB PENYAKIT SERANGAN JANTUNG
Serangan jantung merupakan sebuah keadaan dimana terjadi kerusakan mendadak pada otot-otot jantung akibat kekurangan pasokan darah secara tiba-tiba. Kurangnya suplai darah ke otot jantung secara tiba-tiba terjadi karena arteri koroner mengalami gangguan dan hambatan. Beberapa hambatan dapat berupa spasme arteri koroner, penggumpalan atau trombus pada pembuluh koroner, atau mengencangnya nadi koroner.

Baca lebih lanjut : Pengertian dan Penyebab Penyakit Serangan Jantung

GEJALA PENYAKIT SERANGAN JANTUNG
Beberapa gejala dan tanda untuk serangan jantung daoat berbeda-beda bagi tiap orang. Serangan jantung seringkali dimulai dengan rasa nyeri yang kurang jelas, rasa tidak nyaman, atau sesak di bagian tengah atau sebelah kiri dada. Gejala ini juga seringkali berhimpitan dengan gejala penyakit asam lambung sehingga diperlukan perhatian yang serius.

Baca lebih lanjut: Gejala Penyakit Serangan Jantung

DIAGNOSIS PENYAKIT SERANGAN JANTUNG
Berdasarkan dari gejala dan tanda klinis yang dijelaskan di atas, baik yang dirasakan atau di lihat oleh dokter maka dapat ditarik diagnosis. Untuk lebih mendukung perkiraan nalar maka tidak jarang dokter melakukan beberapa hal kepada pasien tersebut.

Baca lebih lanjut di Diagnosis Penyakit Serangan Jantung

PENGOBATAN PENYAKIT SERANGAN JANTUNG
Pengobatan penyakit ini dapat dilakukan dengan berbagai cara dan modalitas. Secara umum dapat dilakukan dengan pemberian obat-obatan (medikamentosa) dan melakukan prosedur dan tindakan medis (angioplasti, CABG, dan lain-lain).

Baca lebih lanjut di Pengobatan Penyakit Serangan Jantung