Memahami Perbedaan Arteri Dan Vena, Pembuluh Darah Di Tubuh Manusia

Pembuluh darah manusia dibagi atas 3 jenis, antara lain pembuluh darah arteri, vena, serta kapiler. Perbedaan arteri dan vena serta kapiler perlu diketahui karena peran masing-masing berbeda di sistem kardiovaskuler.

Sistem kardiovaskuler dijalankan oleh organ jantung dan pembuluh darah. Sistem ini berfungsi dalam menyediakan pasokan oksigen dan nutrisi untuk seluruh sel dan jaringan tubuh. Selain itu, sistem ini akan membawa sisa metabolisme dan karbondioksida yang dihasilkan sel dan jaringan untuk dibuang ke luar tubuh melalui organ ginjal dan paru-paru.

Apa Saja Perbedaan Arteri dan Vena Itu?

Adapun beberapa perbedaan antara arteri dan vena dapat dipandang dari hal-hal di bawah ini, antara lain:
1. Fungsi dan Kerja
Pembuluh darah arteri bekerja membawa zat-zat nutrisi dan oksigen dari jantung ke seluruh organ dan jaringan tubuh. Bila fungsi ini terganggu maka akan menyebabkan jaringan dan sel menjadi hipoksia serta dapat mati bila terjadi berkepanjangan. Contohnya organ otak akan mulai mengalami kematian bila dalam waktu 3 menit tidak mendapatkan asupan oksigen.

2. Ketebalan Dinding
Perbedaan antara vena dan arteri berikutnya adalah mengenai ketebalan dinding dari masing-masing pembuluh. Pembuluh arteri memiliki dinding yang lebih tebal dibandingkan dengan vena. Hal ini dikarenakan pembuluh arteri memiliki lebih banyak lapisan otot yang dapat melakukan kontraksi untuk memperlancar aliran pembuluh darah.

perbedaan-arteri-dan-vena
ilustrasi perbedaan dinding vena dan arteri

3. Katup
Perlu diketahui bahwasanya pembuluh vena memiliki katup yang satu arah. Apa guna katup pada vena ini? Ini berfungsi untuk menjaga aliran darah tidak kembali lagi ke pembuluh arteri. Meskipun memiliki otot yang sangat sedikit, tetapi dengan keberadaan katup vena ini membuat darah dari jaringan tetap mengalir ke arah jantung.

4. Percabangan
Pembuluh arteri lebih banyak memiliki cabang-cabang, bila dibandingkan dengan vena. Cabang terbesar arteri adalah aorta yang berada di dekat jantung. Setelah aorta ini banyak lagi cabang-cabang arteri yang mengarah ke masing-masing organ.

Semua arteri yang berada di tubuh manusia akan membawa oksigen, kecuali arteri pulmonalis yang membawa darah kaya karbondioksida ke paru-paru. Sementara itu, semua vena yang ada di tubuh manusia akan membawa banyak karbondioksida, kecuali vena pulmonalis yang mengangkut oksigen dari paru-paru ke jantung.

Lantas, Bagaimana Dengan Kapiler?

gambar-tabel-perbedaan-arteri-dan-vena
gambar alur sirkulasi darah
Sebenarnya kapiler adalah bagian kelanjutan dari pembuluh arteri dan pangkal pembuluh vena. Kapiler ini berukuran lebih kecil agar bisa memperdarahi tidak hanya jaringan melainkan sel-sel organ. Untuk lebih jelasnya lihat gambar di atas.

Sumber:
Tabel perbedaan arteri dan vena dalam Alodokter.com

Belum ada Komentar untuk "Memahami Perbedaan Arteri Dan Vena, Pembuluh Darah Di Tubuh Manusia"

Posting Komentar

Klik tulisan subscribe berwarna merah ini: SUBSCRIBE
terlebih dahulu sebelum membuat komentar.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel