Fungsi Makanan Yang Mengandung Karbohidrat Untuk Jantung

Jika selama ini Anda hanya mengetahui bahwa makanan karbohidrat tinggi itu tidak baik, maka ketahui juga fungsi makanan yang mengandung karbohidrat untuk jantung.
fungsi makanan yang mengandung karbohidrat untuk jantung
ilustrasi makanan dengan kandungan karbohidrat

Mengapa? Oleh karena sebenarnya tidak semua makanan dengan kandungan tertentu itu tidak baik. Hal yang terpenting hanyalah mengenai seberapa banyak Anda mengkonsumsi makanan tersebut.

Karbohidrat sendiri merupakan suatu nutrisi yang memang sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah tertentu. Kebutuhan karbohidrat untuk tubuh diketahui sebanyak 45-65 persen yang diperoleh dari kalori. Jika dikonsumsi dengan sajian dengan tepat, maka karbohidrat dapat menjadi energi bagi tubuh yang kemudian mampu mengendalikan berat badan.

Jenis dan Fungsi Makanan Yang Mengandung Karbohidrat Untuk Jantung 

Karbohidrat sebenarnya terbagi menjadi dua macam. Hal ini biasa dikenal dengan istilah karbohidrat kompleks dan sederhana. Istilah ini biasanya pakar kesehatan menyebutkan dengan istilah karbo. Karbo kompleks dengan ciri-cirinya itu memiliki kandungan lebih banyak molekul gula dan juga kaya akan serat.

Maka, ketika kita mengkonsumsi karbo kompleks dalam prosesnya itu membutuhkan waktu lebih lama saat dilakukannya di dalam tubuh. Karbo kompleks memiliki kelebihan dalam hal mampu memberikan energi secara konsisten dalam jenis makanan yang memiliki kandungan karbohidrat. Untuk karbo sederhana sendiri tidak mengandung molekul gula seperti karbo kompleks, dan dalam proses mencernanya lebih cepat.

Jenis Makanan dengan Karbohidrat dan Fungsinya Untuk Jantung

Maka, berikut ini akan dibahas apa saja jenis atau bahan makanan dengan kandungan karbohidrat tinggi dan baik untuk jantung.

Pertama, ada kue beras yang memang tidak diragukan lagi kandungan karbohidrat nya yang sangat tinggi.

Selain itu, berasal dari bahan utama beras, maka kue ini tidak cocok untuk mereka yang ingin mengurangi makanan dengan kandungan karbohidrat tinggi. Jika dihitung per kuenya, ada sebanyak 17 karbohidrat yang terdapat pada satu kue beras itu sendiri.

Kedua, contoh makanan yang mengandung karbohidrat tinggi yang merupakan makanan pokok orang Indonesia yang sulit sekali untuk dikurangi porsinya yaitu nasi putih. Untuk jumlah konsumsi nasi putih sendiri, setiap orang dengan berat dan tinggi badan berbeda memiliki jumlah yang berbeda pula. Untuk itu, Anda disarankan untuk mencari tahu jumlah karbohidrat yang cukup untuk tubuh dengan bantuan aplikasi. Sehingga Anda bisa menyesuaikan dengan bahan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi tersebut.

Makanan selanjutnya yang mengadung karbohidrat tinggi ialah sereal yang mana sekitar 22 gram karbohidrat untuk porsi tiga tiga perempat cangkir sereal. Maka, untuk mengkonsumsi sereal dalam sehari harus dipertimbangkan. Agar Anda juga bisa memilih hendak konsumsi nasi atau selera atau sesuaikan dalam jumlah yang sesuai.

Dari beberapa jenis makanan yang sudah dipaparkan di atas, ternyata masih memiliki fungsi dan kegunaan yang baik untuk jantung. Hal yang perlu diperhatikan ialah bahwasanya tidak semua makanan itu tidak bagus untuk jantung. Sehingga perlu diperhatikan hanyalah mengenai porsi yang baiknya dikonsumsi agar tidak berlebihan.

Fungsi pertama dapat menekan risiko seseorang yang bisa terserang penyakit jantung. Makanan yang mengandung karbohidrat tadi yang merupakan kaya akan serat juga sangat dibutuhkan oleh jantung. Jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat, risiko kolesterol yang berhubungan dengan jantung juga bisa dihindari.

Untuk tetap menjaga kesehatan jantung, pastikan untuk tetap mencari tahu makanan yang hendak dikonsumsi. Selain itu, terapkan pola hidup yang baik agar jatung tetap sehat. Itulah beberapa pembahasan yang bisa dipahami mengenai kegunaan makanan yang memiliki kandungan karbohidrat untuk kesehatan jantung yang baik untuk jantung jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat.

Belum ada Komentar untuk "Fungsi Makanan Yang Mengandung Karbohidrat Untuk Jantung "

Posting Komentar

Klik tulisan subscribe berwarna merah ini: SUBSCRIBE
terlebih dahulu sebelum membuat komentar.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel