Resep Cara Membuat Sayur Asem Sederhana Untuk Pasien Jantung

Untuk pasien yang menderita penyakit jantung dalam mengkonsumsi makanan bisa berpanduan pada resep cara membuat sayur asem sederhana untuk pasien jantung. Resep yang enak juga dapat mendatangkan manfaat kesehatan.

Di Indonesia, memang jenis makanan yang satu ini sangat disukai untuk disantap setiap harinya. Namun, tahukah Anda dengan kandungan minyak yang banyak membuat makanan ini tidak sehat dikonsumsi bagi pasien sakit jantung.

Cara Membuat Sayur Asem Sederhana Untuk Pasien Jantung
contoh sayur asam

Namun, tidak ada makanan enak yang tidak berbahaya dan berdampak bagi kesehatan dalam jangka panjang. Sebaliknya, makanan yang rasanya tidak enak biasanya lebih sehat untuk dikonsumsi. Dalam proses penyajiannya, ada beberapa bumbu dan resep yang bisa ditambahkan untuk menambah rasa dari sayur asem ini lebih enak.

Contoh Cara Membuat Sayur Asem Sederhana Untuk Jantung Sehat

Berikut ini akan dipaparkan beberapa tips cara membuat sayur asem sederhana untuk pasien jantung. Dari beberapa resep ini, para pasien dapat menyesuaikan hendak mencoba resep mana yang sesuai dengan kesukaannya.

Sayur Asem Kangkung
Resep pertama yang bisa dicoba ialah sayur asem dengan menggunakan sayur kangkung. Banyak kalangan yang tidak tahu resep ini karena biasanya sayur asem itu dimasak dengan menggunakan sayuran jenis lain. Ada banyak sekali manfaat kangkung bagi kesehatan yang bisa dimanfaatkan. Beberapa diantaranya dapat mencegah dehidrasi dan kesehatan mata.

Bahan yang dibutuhkan sebelum cara membuat sayur asem dan bahannya yang diperbolehkan untuk penderita jantung akan dipaparkan berikut ini. Bisa membeli 3 hingga 4 ikat kangkung yang segar. Untuk rasa yang lebih enak, bisa menambahkan 100 gram kacang merah atau jika Anda tidak terlalu suka bisa mengurangi porsinya.

Selanjutnya, coba untuk menambahkan 4 buah tomat agar air dalam sayur asem bisa terasa enak. Selain itu, bahan lain yang bisa Anda tambahkan lagi ialah air sebanyak yang selera saja. Untuk bumbu, siapkan bawang putih 5 siung, bawang merah 3 siung, dan cabai merah besar sesuai selera.

Jangan lupa tambahkan 2 butir kemiri, air asam yang disesuaikan dengan selera, dan garam serta gula secukupnya. Jika sudah menyediakan semua bahan dan bumbu ini, tinggal mengolahnya dan kemudian siap untuk dimasak. Untuk proses masaknya, Anda harus rebus kacang merah terlebih dahulu hingga lunak.

Jika sudah, untuk tips cara membuat sayur asem sunda untuk penderita penyakit jantung  selanjutnya Anda bisa haluskan bawang putih, cabai merah, bawang merah, terasi, dan juga kemiri hingga matang. Lanjutkan dengan didihkan air yang sudah disiapkan tadi di panci, jika air sudah mendidih langsung masukkan semua bumbu yang sudah dihaluskan. Jangan lupa jika sudah sedikit masak bisa tambahkan air asam, garam, gula, salam, dan lengkuas.

Sayur Asem Sunda
Jenis sayur asem yang satu ini memang favorit. Anda bisa siapkan bahan diantaranya seperti setengah labu siam jika ukurannya besar, dan potongan berbentuk dadu. 1 buah jagung manis atau lebih, 3 buah kacang panjang, melinjo secukupnya, 40 gram kacang tanah yang sudah direbus, dan daun melinjo.

Siapkan 3 sdm air asam jawa, 2 lembar daun salam, lengkuas secukupnya, air secukupnya, dan kemudian garam dan gula juga secukupnya. Bumbu halus yang disiapkan ialah 4 siung bawang merah, 3 siung bawang putih, 3 buah cabai merah, kemiri dan terasi secukupnya. Kemudian langsung mulai proses langkah cara membuat sayur asem jakarta bagi pasien jantung.

Rebus air sampai mendidih terlebih dahulu, kemudian langsung masukkan daun salam, bumbu halus, dan lengkuas hingga mendidih. Masukkan jagung manis dan melinjo hingga masak sampai matang. Lanjutkan dengan kacang tanah, labu siam, dan daun melinjo juga kacang panjang.

Setelah langkah-langkah diatas sudah selesai, baru kemudian masukkan bahan lainnya dan aduk hingga matang. Itulah beberapa resep cara membuat sayur asem betawi yang cocok untuk kesehatan jantung yang bisa Anda coba di rumah.

Belum ada Komentar untuk "Resep Cara Membuat Sayur Asem Sederhana Untuk Pasien Jantung"

Posting Komentar

Klik tulisan subscribe berwarna merah ini: SUBSCRIBE
terlebih dahulu sebelum membuat komentar.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel