Salah Kaprah, Merokok Shisha Ternyata Lebih Berbahaya

Bahaya merokok shisha arab - Kedokteran dan Kesehatan. Shisha sering dikenal juga dengan hookah. Ini adalah suatu gaya merokok dengan tambakau ala Timur Tengah. Cara merokok shisha ini berbeda dengan cara merokok tembakau sebagaimana biasanya.

Rokok Shisha Seperti Apa ?

Shisha ini memakai tabung yang berisi air sebagai sumber asap. Selain itu juga dilengkapi dengan mangkuk, pipa, dan selangnya. Di dalam tabung ini diisi tembakau yang dipanaskan dengan tambahan rasa buah atau yang lainnya. Selang terhubung dengan tabung sebagai alat hisap. Biaya merokok dengan cara ini biasanya lebih besar.

gambar shisha rokok arab
gambar shisha rokok arab

Akhir-akhir ini, tren rokok shisha di Indonesia sudah mulai populer. Asap beraroma buah-buahan yang dihasilak membikin semakin penasaran. Tidak jarang banyak yang menganggapnya tidak berbahaya karena menganggap asap yang dihasilkan berasal dari ekstrak buah. Atau anggapan lain bahwa racun tembakau sudah diserap oleh air yang ada dalam tabung. Padahal, rokok shisha ini juga menimbulkan kerugian kesehatan sebagaimana rokok tembakau ada umumnya.

Apa Saja Kandungan Rokok Shisha ?

Apa saja bahan rokok shisha? Kandungan rokok shisha sama seperti rokok tembakau lainnya, yaitu nikotin, tar , karbonmonoksida, arsenik, dan timah. Namun, perlu Anda ketahui bahwasanya asap yang dihasilkan dari cara merokok shisha ini lebih beracun dari cara merokok biasanya.

Bilamana diambil perbandingan dengan sebatang rokok tembakau biasa, maka asap shisha memiliki kandungan arsenik dan nikel yang lebih tinggi. Kadar tar dalam asap 36 kali lebih banyak dan kadar karbon monoksida dalam asap 15 kali lebih besar dari rokok biasa.

Shisha menggunakan tabung yang menghasilkan asap lebih banyak dari satu batang rokok. Banyak pemakainya tidak menyadari dan menganggap bahwa satu kali merokok shisha sama dengan satu kali merokok tembakau. Padahal ini anggapan yang salah.

Cara merokok shisha membutuhkan waktu yang lebih lama. Oleh karena lebih lama maka kadar nikotin dan agen pencetus kanker lainnya yang terkandung dalam asap merokok akan lebih banyak masuk ke dalam paru-paru. Risiko kejadian kanker pun akan semakin tinggi.

Perlu diketahui bahwasanya satu jam merokok dengan cara shisha maka itu sebanding dengan merokok 40 sampai 400 batang rokok tembakau biasa. Jumlah ini tergantung bagaimana cara dan kedalaman hirupan pemakainya.

Bahaya Rokok dan Shisha

Rokok shisha bahaya atau tidak? Bahasan tentang kandungan dan cara merokok shisha di atas tentu menunjukkan bahaya cara merokok ini. Untuk lebih jelasnya, di bawah ini adalah risiko kesehatan yang mungkin akan dialami oleh seorang perokok shisha, antara lain:

  • Berbagai jenis kanker, misalnya kanker rongga mulut, esofagus, paru-paru, hingga kandung kemih.
  • Gangguan jantung.
  • Penyakit-penyakit periodontal (gigi dan rongga mulut).
  • Penyakit pembuluh darah tepi misalnya penyakit berger.
  • Penyakit infeksi terutama rongga mulut dan paru-paru.
  • Penularan infeksi karena pemakaian bersama tabung shisha (higientas tidak terjamin).
  • Gangguan kesuburan pada wanita.


Berhenti Merokok Mulai Saat Ini Juga

Sudah banyak penjelasan tentang bahaya merokok ini. Nah, tingkat bahaya akan semakin meningkat bila menggunakan cara merokok shisha. Sebaiknya semua pencandu rokok shisha menghentikan kebiasaan merokok ini.

Cari aktivitas pengganti lainnya yang dapat mengalihkan keinginan untuk merokok. Lakukan kegiatan fisik dan berolahraga untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Ini juga dapat meningkatkan mood dan menghilangkan stress dan rasa monoton.

Pencandu rokok harus selalu mampu berpikiran positif. Buat daftar kumpulan alasan mengapa Anda berhenti merokok. Kuatkan tekad untuk selalu memegang teguh daftar tadi. Kalau perlu minta dukungan kepada orang terdekat.

Kebanyakan pemakai rokok shisha ini adalah kalangan usia muda yang salah kaprah dan takut akan bahaya rokok tembakau. Mereka beranggapan bahwa rokok ini tidak menimbulkan bahaya sebagaimana rokok tembakau pada umumnya.

Nah, lindungi diri dan keluarga Anda dari bahaya merokok, terutama dengan teknik shisha ini. Pahamkan keluarga dan kerabat Anda bahwa merokok adalah suatu kegiatan yang merugikan. Cara merokok shisha justru akan mendatangkan kerugian lebih besar dari pada merokok pada umumnya. Semoga artikel ini bermanfaat.

0 Response to "Salah Kaprah, Merokok Shisha Ternyata Lebih Berbahaya"

Posting Komentar

Klik tulisan subscribe berwarna merah ini: SUBSCRIBE
terlebih dahulu sebelum membuat komentar.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel