Alasan Mengapa Asap Rokok Harus Dijauhkan Dari Anak Dan Bayi

Bahaya asap rokok untuk bayi - Penyakit Jantung. Paparan asap rokok sangat membahayakan. Baik perokok aktif maupun perokok pasif, keduanya sama-sama menerima bahaya dari asap. Apalagi kelompok anak dan bayi, ini adalah golongan yang paling rentan mengalami gangguan kesehatan bila terkena paparan asap rokok.

bahaya asap rokok kepada bayi
bahaya asap rokok kepada bayi

Polusi asap rokok akan menaikkan kerentanan terjadinya bermacam gangguan kesehatan dan penyakit. Kelompok anak dan bayi dapat berkemungkinan mengalami iritasi mata, infeksi bagian telinga, penyakit alergi dan asma, infeksi paru seperti bronkitis dan pneumonia, meningitis, dan hingga kematian bayi secara mendadak.

Jauhkan Asap Rokok Mulai Saat Ini Juga

Rokok mempunyai kemampuan yang tinggi dalam penyebaran zat kimia toksik dan beracun. Jika terpapar di rumah maka penghuni dalam satu ruangan dapat terkena zat toksik misalnya nikotin, karbon monoksida, dan bermacam zat pencetus kanker yang biasa disebut dengan karsinogen.

Lebih parah lagi, jangkauan asap rokok cukup luas. Asap dapat bertahan melayang di udara untuk beberapa waktu yang cukup lama. Asap mampu bertahan selama 2 sampai 3 jam  dalam satu ruangan bahkan saat ventilasi dibuka. Ini memungkinkan asap menyebar ke seluruh bagian ruangan yang menyebabkan peningkatan risiko penyebaran penyebab penyakit.

Lantas bagaimana cara ampuh agar terhindar bahaya asap rokok kepada bayi? Ya, sangat sederhana. Jangan biarkan orang untuk merokok di dalam rumah.  Asap rokok dapat mengendap di rambut, tangan, baju, lantai, dan apa saja yang ada dalam suatu ruangan. Bayi atau anak akan mudah terjangkau endapan asap rokok bila ada orang yang merokok dalam suatu ruangan.

Sebaiknya juga jauhkan lingkungan rumah Anda dari perokok. Asap rokok yang ada di luar rumah bisa saja menjangkau akses bermain anak-anak. Ciptakan lingkungan yang sehat agar anak dan bayi dapat tumbuh dan berkembang dengan sehat.

Mengapa Ini Harus Dilaksanakan

Masalah bahaya asap rokok bagi bayi dan balita serta anak ini penting dan harus menjadi perhatian orang tua. Anak dan bayi adalah suatu tahap kehidupan yang sedang mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan. Waktu ini adalah waktu yang rentan dari berbagai macam hal yang merugikan, termasuk asap rokok.

Baca artikel terkait:

Jangan heran bilamana banyak bayi saat ini yang mengalami penyakit alergi dan asma. Paparan jangka panjang juga dapat menyebabkan penyakit radang dan infeksi paru (bronkitis dan peneumonia), dan gangguan fungsi organ paru lainnya. Proses tumbuh kembang akan terganggu bila anak mengalami penyakit-penyakit ini.

Bayi juga rentan dengan infeksi telinga. Infeksi ini biasanya dimulai dari batuu, pilek, dan peradangan sinus akibat asap rokok. Bila dibiarkan akan menyebabkan gangguan pendengaran yang akan menimbulkan efek buruk bagi pertumbuhand an perkembangan.

Bayi yang diasuh oleh ibu perokok akan lebih memiliki risiko mengalami penyakit meningitis dan  kematian mendadak.

Dengan mengamati begitu banyaknya dampak buruk akibat asap rokok maka sangat penting untuk menjaga lingkungan agar selalu sehat dan bersih. Polusi asap rokok harus dicegah untuk menciptakan lingkungan yang ramah untuk anak dan bayi.

Mungkin seseorang akan mendapatkan kesenangan dari kecanduan merokoknya, akan tetapi kesenangan ini menimbulkan efek buruk bagi dirinya dan orang lain. Bagaimana seandainya keluarga yang menjadi korban kesenangan tersebut, tentunya akan sangat disayangkan sekali. Semoga artikel ini bermanfaat.

Sumber
Makalah bahaya asap rokok bagi bayi dan balita
Alo dokter

0 Response to "Alasan Mengapa Asap Rokok Harus Dijauhkan Dari Anak Dan Bayi"

Posting Komentar

Klik tulisan subscribe berwarna merah ini: SUBSCRIBE
terlebih dahulu sebelum membuat komentar.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel