Penyakit Stenosis Katup Jantung

Tentang Stenosis Katup Jantung
Stenosis merupakan terminologi untuk katup jantung yang tidak terbuka dengan benar sebagaimana mestinya. Daun katup mengalami penebalan, pengerasan, atau perlengketan/ penyatuan dengan daun katup lainnya. Oleh karena hal ini, katup tidak bisa terbuka sepenuhnya. Dengan demikian, jantung harus berusaha bekerja lebih keras untuk dapat memompa darah melalui katup. Efek yang ditimbulkan dapat berupa gangguan sirkulasi oleh karena berkurangnya sirkulasi oksigen dan nutrisi ke seluruh jaringan tubuh.

penyakit stenosis katup jantung pada manusia
gambar dan letakkatup jantung

Penyebab Penyakit Stenosis Pada Katup Jantung

Semua tipe penyakit katup pada jantung lebih umum terjadi seiring pertambahan usia, meskipun beberapa dari tipe-tipe ini mungkin disebabkan oleh kelainan jantung kongenital. Kita ambil contoh, jenis katup aorta yang cacat dapat berupa katup aorta bikuspid. Kira-kira 1,4 persen dari populasi lahir dengan kelainan katup bikuspid yang berarti bukannya  memiliki tiga flap yang terbuka untuk aliran darah, tetapi dua menyatu bersama/ lengket. Keadaan ini mengakibatkan aliran darah terhambat karena melewati lubang yang lebih kecil dan terbatas.

4 Jenis Stenosis Katup Pada Jantung

Terdapat empat tipe dari kelainan katup pada jantung manusia, yaitu:
1. Stenosis Katup Mitral
Stenosis pada katup ini merupakan suatu keadaan dimana terjadi penyempitan pada fungsi pembukaan di katup mitral jantung. Kondisi seperti ini akan membatasi kuantitas aliran darah dari ruang atrium kiri (serambi kiri) ke ruang ventrikel kiri (bilik kiri).

Untuk lebih jelasnya silahkan klik dan baca: penyakit stenosis katup mitral jantung

2. Stenosis Katup Aorta
Stenosis jenis ini adalah jenis yang paling umum dan sifatnya paling serius. Pada jenis ini terjadi penyempitan pada proses pembukaan katup aorta jantung. Hal ini akan memberi batasan pada aliran darah yang mengalir dari jantung (ventrikel kiri) ke seluruh jaringan tubuh kecuali paru-paru.

Untuk lebih lengkap silahkan klik dan baca: penyakit stenosis katup aorta jantung

3. Stenosis Katup Trikuspid
Stenosis katup jenis ini terjadi penyempitan pada waktu pembukaan katup trikuspid jantung. Stenosis tipe ini akan membuat batasan pada aliran darah  antara bagian atas dan bawah dari sisi sebelah kanan jantung, atau dari bagian atrium kanan ke bagian ventrikel kanan jantung.

Untuk lebih jelas, Anda dapat klik dan baca: penyakit stenosis katup trikuspid

4. Stenosis Katup Pulmonalis
Penyakit stenosis katup pulmonal merupakan suatu kondisi dimana terjadi penyempitan pada proses pembukaan katup pulmonalis pada jantung.

Untuk lebih lengkapnya silahkan klik dan tautan ini: penyakit stenosis katup pulmonal

Pengobatan dan Komplikasi Stenosis Katup Jantung

Banyak kondisi katup yang dapat diobati dan bahkan dapat disembuhkan dengan prosedur pembedahan. Namun, operasi juga memiliki risiko yang harus dipertimbangkan dan dievaluasi oleh dokter yang merawat pasien. Selain itu, sangat penting untuk mempertimbangkan pilihan Anda dengan bijaksana. Masalah katup lanjut yang tetap tidak diberikan pengobatan dapat menjadi sangat berbahaya dan mengancam jiwa. Banyak juga orang dengan masalah katup yang pada satu waktu sangat serius dan mengancam nyawa telah diobati dan sekarang menjalani hidup yang penuh dan sehat.

0 Response to "Penyakit Stenosis Katup Jantung"

Posting Komentar

Silahkan komentar, tanggapan, saran, dan kritiknya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel