Penyakit Prolaps Katup Mitral Jantung

Tahukah Anda apa penyakit prolaps katup mitral pada jantung itu? Prolaps katup mitral merupakan suatu keadaan di mana kedua katup katup mitral (katup mitral sering juga disebut dengan katup bikuspid) tidak menutup dengan baik dan merata, namun sebaliknya terjadi pembengkakan (prolaps) ke bagian atas ke arah atrium kiri. Keadaan prolaps katup mitral ini juga dikenal dengan sindrom klik-murmur, sindrom Barlow, atau sindrom katup floppy.

Review Singkat Penyakit Prolaps Katup Mitral Jantung

Apa yang terjadi Pada Prolaps Katup Mitral Jantung?
Saat jantung memompa (kontraksi) bagian dari satu atau kedua katup masuk ke belakang ke atrium kiri. Dalam sebagian kecil kasus, prolaps pada katup memungkinkan sejumlah kecil darah bocor dan masuk ke belakang melalui katup (kondisi ini disebut regurgitasi). Kondisi ini dapat menngakibatkan gangguan pada jantung.

Video Animasi Penyakit Prolaps Katup Mitral Pada Jantung




Apakah prolaps katup mitral ini berbahaya?
Dalam banyak kasus, keadaan ini tidak berbahaya. Banyak orang yang mengidap keadaan ini tapi tidak menyadarinya dan kesehatannya tidak berpengaruh. Akan tetapi, untuk sebagian kasus, perawatan kesehatan diperlukan.

Apa yang menjadi penyebab keadaan prolaps katup mitral?

Penyebab yang paling sering dari kondisi ini ialah selaput katup abnormal yang melar (disebut juga penyakit katup myxomatous). Prolaps katup mitral ini dialami oleh sekitar 2 persen populasi. Seseorang yang mengalami penyakit ini mendapatnya dengan cara perkembangan dari bakat yang didapat secara genetik, atau dapat diakibatkan oleh masalah kesehatan lainnya, seperti beberapa penyakit jaringan ikat.

Bagaimana cara mendeteksi adanya prolaps katup mitral?
Oleh karena sebagian besar pasien yang memiliki prolaps katup mitral tidak menunjukkan adanya tanda dan gejala, lantas bagaimana cara mengetahuinya? Untuk mengetahuinya diperlukan stetoskop yang dapat digunakan untuk mendengarkan adanya bunyi murmur pada katup jantung. Bagi yang mengalami gejala biasanya menunjukkan adanya palpitasi (rasa berdebar-debar karena kontraksi jantung yang cepat), rasa tidak nyaman di daerah dada, dan kelelahan.

Apa yang harus dilakukan jika murmur terdeteksi?
Bila pada seorang pasien didapati murmur maka sebaiknya dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Penggunaan ekokardiogram dapat dianjurkan. Gema dengan memanfaatkan ultrasound ini dapat menilai karakteristik masing-masing katup dan berapa banyak jumlah darah yang mungkin bocor saat jantung melakukan kontraksi. Tes MRI dan angiogram dapat juga dilakukan.

Perbedaan Katup Mitral yang Normal, Prolaps, dan Regurgitasi



Pentingkah pengobatan prolaps katup mitral pada jantung?

Dalam banyak contoh kasus, orang yang memiliki kondisi ini tidak terlalu mempengaruhi kesehatannya. Cukup konsultasikan dengan dokter keluarga atau dokter jantung di sekitar Anda tentang bagaimana cara mencegah terjadinya komplikasi dari penyakit Anda. Jika Anda dianjurkan untuk minum obat, maka minumlah sesuai dengan petunjuk dokter.

Perlukah Operasi Penggantian Katup?

Orang dengan katup mitral yang abnormal mungkin saja membutuhkan perbaikan atau penggantian katup mitral bilamana:
  • Gejala yang timbul bertambah parah,
  • Terjadinya pembesaran tuang ventrikel kiri jantung, dan
  • Fungsi jantung bertambah buruk.

Biasanya keadaan ini sangat jarang menjadi ke arah yang lebih serius. Namun, pada beberapa kasus yang paling serius, prolaps katup mitral ini dapat mengakibatkan aritmia atau denyut jantung menjadi tidak normal sehingga pada akhirnya dapat mengancam jiwa.

Bilamana prolaps katup menjadi penyebab kebocoran katup yang signifikan, maka hal ini dapat menyebabkan komplikasi yang serius seperti stroke. Hal ini terjadi karena katup mitral bocor (regurgitating) sehingga sejumlah besar darah dapat menyebabkan pembekuan darah terbentuk. Ketika bekuan berjalan dari jantung ke arteri atau otak, itu dapat menyebabkan stroke atau serangan jantung.

0 Response to "Penyakit Prolaps Katup Mitral Jantung"

Posting Komentar

Silahkan komentar, tanggapan, saran, dan kritiknya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel