Mengetahui Nilai Tekanan Darah Selama Kehamilan

Kesehatan dalam kehamilan merupakan hal yang sangat penting. Hal ini dikarenakan kesehatan pada masa itu mencakup kesehatan dua nyawa, sang ibu dan bayinya. Mengetahui tekanan darah juga merupakan hal yang penting. Oleh karena tekanan darah merupakan salah satu tanda vital manusia dan juga dapat memberikan efek yang besar bagi tubuh manusia.

Mengetahui Nilai Tekanan Darah Selama Kehamilan
Ilustrasi Pemeriksaan Tekanan Darah Selama Kehamilan

Pada kesempatan kali ini kami akan menyinggung sedikit tentang mengetahui tekanan darah selama masa kehamilan. Tulisan ini masih relevan dengan tujuan blog karena masih berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah serta penyakit yang menyertainya.

Melacak Nilai Tekanan Darah Selama Kehamilan

Pembacaan tekanan darah secara singkat meliputi tekanan darah sistolik dan tekanan darah diastolik. Angka teratas adalah tekanan sistolik darah seseorang. Angka ini adalah ukuran tekanan pada arteri jantung manusia ketika jantung berdetak memompa darah keluar menuju seluruh jaringan tubuh. Angka diastolik atau lebih rendah adalah nilai ukuran tekanan darah saat jantung dalam keadaan beristirahat.

Tekanan Darah Normal Dalam Kehamilan

Apa yang dimaksud dengan tekanan darah normal dalam kehamilan? Tekanan darah normal adalah nilai tekanan darah yang tidak memberikan efek buruk kepada ibu hamil beserta bayinya. Untuk menentukannya biasanya dokter atau bidan akan melakukan pengukuran tekanan darah pada kunjungan pertama antenatal sang ibu. Kemudia akan dilakukan pengontrolan pada kunjungan-kunjungan berikutnya untuk menentukan status tekanan darah si ibu. Tekanan darah yang normal biasanya berkisar pada nilai 120/ 80 mmHg.

(Anda bisa membaca tentang nilai tekanan darah di sini: Nilai Tekanan Darah)

Tekanan Darah Tinggi Saat Kehamilan

Apa yang dimaksud dengan tekanan darah saat kehamilan? Tekanan darah yang lebih besar dari  nilai 140/90 mm Hg, atau 15 derajat lebih tinggi pada nilai teratas sebelum masa kehamilan seseorang akan menjadi perhatian. Pada masa awal kehamilan, biasanya dari usia 5 minggu kehamilan hingga pada pertengahan trimester kedua, tekanan darah ibu hamil mungkin akan menurun. Hal ini dikarenakan hormon kehamilan bisa merangsang pembuluh darah untuk melebar. Pelebaran ini akan menstabilkan tekanan darah sehingga tidak setinggi lebih dari 140/ 90 mmHg.

Tekanan Darah Rendah Selama Kehamilan

Apa yang dimaksud dengan tekanan darah rendah selama kehamilan? Walaupun tidak ada angka mutlak yang menunjukkan tekanan darah rendah (tergantung kondisi seseorang), tetapi ada beberapa gejala dan tanda yang dikaitkan dengan rendahnya tensi darah seseorang, yaitu:
  • sakit/ nyeri pada bagian kepala,
  • pusing atau terasa berputar,
  • mual atau muntah,
  • merasa lemah dan letih, dan atau
  • kulit dingin, berkeringat.

0 Response to "Mengetahui Nilai Tekanan Darah Selama Kehamilan"

Posting Komentar

Silahkan komentar, tanggapan, saran, dan kritiknya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel