Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Diastolik

Tekanan darah dicatat menjadi dua angka, yaitu sistolik dan diastolik. Hampir kebanyakan orang yang menderita hipertensi mengalami peningkatan tekanan darah pada kedua nilai ini.

Namun, terkadang hanya salah satu yang meningkat. Keadaan abnormal ini juga dapat mencetuskan gangguan kesehatan. Melakukan perubahan pada pola hidup dapat mengurangi angka pada pembacaan tekanan darah. Terapi gaya hidup dapat dilakukan untuk mengurangi tekanan darah diastolik tinggi sama seperti tekanan sistolik yang tinggi.

Cara Tradisional Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Diastolik
ilustrasi sistolik dan diastolik

Tekanan darah merupakan jumlah tekanan yang dilakukan oleh aliran darah kepada dinding pembuluh darah akibat proses pemompaan. Tekanan ini dicerminkan dalam dua angka, yaitu nilai sistolik (tekanan di dalam pembuluh arteri karena pompa jantung) dan tekanan diastolik (tekanan pada saat jantung berelaksasi di antara dua denyutan jantung). Nilai diastolik yang lebih dari 90 mmHg dianggap sebagai hipertensi diastolik. Lantas, bagaimana cara menurunkan tekanan darah tinggi diastolik secara tradisional itu?

💗💗 Baca juga: Memahami Nilai Tekanan Darah 💗💗

Cara Alami dan Tradisional Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Diastolik

Banyak cara dan langkah yang dapat dilakukan untuk mengurangi nilai darah diastolik ini. Pda artikel ini kami akan membahas cara perubahan pola dan gaya hidup saja. Untuk cara lain akan kami bahas di artikel selanjutnya.

Perubahan Pola Diet
Salah satu cara terbaik dalam pengontrolan tekanan darah diastolik adalah dengan menerapkan diet DASH, yaitu sebuah metode atau pola makan yang disusun untuk menurunkan tekanan darah baik sistolik maupun diastolik.

Diet DASH mengutamakan makanan buah dan sayuran - 8 hingga 10 porsi perharinya - dan juga termasuk kacang polong, kacang-kacangan, biji-bijian, susu rendah atau tanpa lemak, dan ikan dalam jumlah sedang, ayam dan daging tanpa lemak.

💗💗 Baca juga: Buah dan Sayur Penurun Hipertensi 💗💗

Diet DASH ini telah dikaitkan dengan perbaikan nilai tekanan darah yang cukup signifikan - mengurangi nilai tekanan darah diastolik rata-rata 5,5 poin pada orang dengan penyakit hipertensi. Hasil ini akan lebih baik bila diikuti dengan pembatasan asupan natrium dalam menu makan sehari-hari dimana akan mengurangi tekanan darah kira-kira 3 poin.

Pengontrolan Berat Badan
Obesitas adalah faktor umum pada masyarakat yang diketahui dapat menaikkan tensi darah. Berdasarkan penelitian tahun 2009, setiap kenaikan 1 poin pada indeks massa tubuh, maka akan terjadi kenaikan tekanan darah diastolik sebesar 6 persen. Penelitian ini menunjukkan pentingnya untuk menjaga berat badan. Penelitian pada tahun 2016 menemukan bahwa penurunan berat badan rata-rata 4 kg atau 8,8 pon maka akan mengurangi tekanan darah diastolik sebesar 3,2 poin.

Latihan Fisik yang Teratur
Cara dan langkah untuk menurunkan berat badan hampir selalu membutuhkan kegiatan latihan fisik. Latihan fisik yang teratur ternyata bukan hanya mampu mengurangi berat badan, tetapi juga mengurangi proses inflamasi di dalam tubuh, memperbaiki kolesterol dan trigliserida darah, mengurangi kadar gula darah, dan mengurangi tensi darah.

Pada 54 percobaan random terkontrol menunjukkan bahwa orang dengan hipertensi mengalami penurunan tekanan darah diastolik rata-rata 4 poin dengan sedikitnya berolahraga (derajat sedang hingga berat) 40 menit setiap minggunya. Penelitian yang sama menghubungkan latihan aerobik untuk memperbaiki tekanan darah pada orang dengan berat badan normal dan berat badan berlebih, dan pada orang dengan atau tanpa hipertensi.

Kesimpulan
Telah banyak terbukti bahwa dengan melakukan perubahan pada gaya hidup, kita dapat memanajemen tekanan darah diastolik. Menerapkan diet DASH, mengurangi asupan natrium, mengurangi berat badan, dan menambah dan mendisiplinkan latihan fisik maka akan dapat mengontrol tekanan darah. Itu adalah beberapa dari cara menurunkan tekanan darah tinggi diastolik secara tradisional dari sekian banyak langkah dan cara lain.

0 Response to "Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Diastolik"

Posting Komentar

Silahkan komentar, tanggapan, saran, dan kritiknya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel