Cara Mengurangi Tekanan Darah Tinggi Bagi Wanita Hamil

Artikel kali ini berjudul cara menurunkan tekanan darah tinggi pada wanita saat hamil. Tulisan ini adalah kelanjutan dari cara mengurangi hipertensi pada bumil dengan perubahan pola hidup. Jadi kami memberikan dua cara penting dalam mengurangi tensi darah pada ibu hamil yaitu dengan perubahan pola hidup dan dengan perubahan pola makan yang sebentar lagi akan kita bahas.

Cara Mengurangi Tekanan Darah Tinggi Bagi Wanita Hamil
pembatasan pola makan dalam mengontrol tensi darah

Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Pada Ibu Hamil dengan Pola Makan

Hindari garam dan makanan yang tinggi sodium (natrium).
Tubuh manusia memang memerlukan unsur natrium dalam berproses, tetapi bilamana terlalu banyak akan dapat mengakibatkan penyakit hipertensi, stroke, maupun jantung. Ibu hamil harus credas dalam mengambil langkah-langkah untuk membatasi asupan unsur natrium:
  • Sebaiknya mengurangi garam saat memasak. Gunakan bumbu lainnya sebagai ganti seperti jintan, rempah segar, ataupun lemon.
  • Bilas makanan kaleng untuk mengurangi unsur natrium. (Ingin tahu kenapa makanan kalengan dapat meningkatkan tekanan darah? Silahkan klik dan simak di Buah dan Sayur Penyebab Hipertensi)
  • Pintar dalam memilih makanan yang tinggi, rendah, atau bebas natrium. Biasanya makanan jadi telah ada label pada kemasannya.
  • Hindari makanan olahan seperti gorengan, makanan yang dipanggang, kerupuk, dan lainnya. Pintarlah dalam mencari makanan pengganti agar buah hati dalam kandungan tetap tercukupi gizinya.
  • Hindari juga makan makanan cepat saji dan mintalah pengurangan garam sodium saat memesan di rumah makan.
  • Baca lebih lanjut di sini.

Perbanyak makanan biji-bijian.
Biji-bijian utuh tinggi akan serat makanan dan penelitian telah menunjukkan bahwa penambahan makanan berserat ke dalam menu diet akan mampu hipertensi.
  • Sebaiknya ibu hamil mengkonsumsi sedikitnya enam hingga delapan porsi biji-bijian setiap hari.
  • Sebaiknya menghindari biji-bijian olahan dan menggantinya ke biji-bijian utuh, seperti beras merah, pasta gandum utuh, dan roti.

Persiapkan menu diet dengan makanan kaya kalium.
Makanan yang kaya akan unsur kalium harus menjadi bagian dari diet manajemen hipertensi Anda.
  • Makanan yang harus ibu hamil tambahkan termasuk ubi jalar, kacang merah, tomat, jus jeruk, pisang, kacang polong, kentang, buah-buahan kering, dan melon.
  • Pertahankan target kadar kalium dalam level menengah (sekitar 2.000 hingga 4.000 mg sehari).

Cara Selanjutnya Untuk Mengurangi Hipertensi Pada Wanita Hamil

Konsumsi cokelat hitam.
Menurut sebuah studi klinis, cokelat hitam sebenarnya dapat membantu menurunkan tekanan darah. (Lihat penelitiannya di ncbi dengan cara klik di sini).
  • Makan setengah ons coklat hitam yang mempunyai sedikitnya 70% kokoa per hari.
  • Ibu hamil dapat memanjakan dirinya dengan coklat hitam, tetapi harus tetap waspada akan kandungan kalorinya yang tinggi. Jangan terlalu berlebihan untuk mengkonsumsi makanan ini.

Hindari minuman beralkohol dan minuman berkafein.
Selain memang buruk untuk tekanan darah, minuman mengandung kafein dan alkohol juga memiliki efek kesehatan negatif bagi ibu hamil dan bayinya selama masa kehamilan.
  • Minum minuman berkafein selama masa kehamilan dikaitkan dengan penurunan aliran darah plasenta dan risiko keguguran. Penelitian lebih lanjut memang perlu dilakukan, tetapi ibu hamil perlu waspada untuk minuman ini. Lebih baik untuk menghidar dari minuman ini dan budayakan minum air putih yang menyehatkan.
  • Konsumsi alkohol yang tinggi diketahui dapat menaikkan tekanan darah dan juga diketahui memiliki efek negatif pada bayi yang belum lahir. Hindari minuman ini yang memang lebih banyak merusak tubuh daripada manfaat yang didapat.

Tambahkan produk susu kedelai dan rendah lemak ke dalam menu diet
Sebuah penelitian klinis menunjukkan bahwa tekanan darah sistolik dapat diturunkan dengan menambahkan makanan ini ke dalam menu makanan ibu hamil.
  • Tambahkan produk susu rendah lemak (seperti keju cottage, susu, dan yogurt) dalam menu makanan.
  • Jika tidak toleran terhadap laktosa, cobalah alternatif susu, seperti almond, kelapa, atau susu rami. Ibu hamil juga dapat mencoba jenis susu kedelai, tetapi ada sebagian bumil yang membatasi susu jenis ini karena dapat menaikkan kadar estrogen pada janin. Anda juga dapat mencoba susu kedelai, tetapi Anda mungkin ingin membatasi produk kedelai selama kehamilan karena dapat meningkatkan kadar estrogen pada janin Anda.

sumber tulisan:
www.cdc.gov
www.ncbi.nlm.nih.gov
www.prevention.com
www.mayoclinic.org
www.americanpregnancy.org

0 Response to "Cara Mengurangi Tekanan Darah Tinggi Bagi Wanita Hamil"

Posting Komentar

Silahkan komentar, tanggapan, saran, dan kritiknya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel