Penyebab Penyakit Jantung Koroner

Penyebab paling utama dari penyakit jantung koroner ialah adanya penumpukan lemak di dalam pembuluh arteri (arteroma) yang umumnya disebut sebagai aterosklerosis. Arteroma ini terdiri dari kolesterol dan bahan-bahan debris lainnya. Selain menghambat suplai darah ke organ jantung, aterosklerosis juga dapat mencetuskan terbentuknya trombosis dan gumpalan darah. Gumpalan darah ini juga nantinya akan memblokir aliran darah ke jantung sehingga lebih berisiko terkena serangan jantung.

penyebab paling utama jantung koroner
Ilutrasi angina dan jantung

Faktor Risiko yang Menjadi Penyebab Utama Penyakit Jantung Koroner yaitu:

Ada berbagai macam faktor yang dapat meningkatkan terjadinya risiko penyakit jantung, antara lain: 
Kebiasaan merokok
Para perokok mempunyai risiko yang lebih besar untuk menderita penyakit jantung. Zat karbonmonoksida yang ada dalam asap rokok mampu meningkatkan risiko timbulnya gumpalan di dalam pembuluh darah. Kandungan nikotin yang juga ada dalam rokok juga memacu kecepatan kerja jantung sehingga dapat menambah beban jantung. Beberapa senyawa beracun lainnya di dalam rokok juga dianggap dapat merusak dinding pembuluh arteri jantung yang bisa menimbulkan penyempitan. Para perokok memiliki risiko 24 persen lebih besar terkena penyakit jantung bila dibandingkan dengan orang yang tidak merokok sama sekali.

Pola Hidup Buruk
Risiko penyakit jantung akan meningkat bila seseoranv menerapkan pola hidup tidak sehat. Beberapa pola hidup yanh buruk yaitu kurang berolahraga, seringnya makan makanan yang tinggi lemak, kurangnya mengonsumsi sayur-sayuran, buah-buahan, dan makanan berserat lainnya.

Kadar Kolesterol yang Tinggi
Kolesterol dibagi menjadi dua macam, antara lain kolesterol baik (HDL/ high density lipoprotein) dan kolesterol jahat (LDL/ low density lipoprotein). Mengapa LDL sering disebut sebagai kolesterol jahat? Hal ini dikarenakan LDL dengan kadar yang tinggi akan membentuk plak yang mengakibatkan aterosklerosis. Kadar LDL yang normal di dalam darah ialah kurang dari 3 mmol/ L atau 115 mg/ dL untuk orang dewasa serta 2 mmol/ L atau 77 mg/ dL bagi mereka yang memiliki risiko tinggi.

(break reading time)

Makanan Penyebab Penyakit Jantung Koroner

Berdasarkan pembahasan kadar kolesterol di atas. Tentunya kita harus lebih laten dalam memilih makanan oleh karena makanan sangat erat kaitannya dengan kadar kolesterol. Silahkan masukkan keyword makanan penyebab penyakit jantung koroner di kotak pencarian untu menelusuri lebih lanjut.
(one moment please)

Yuk lanjut lagi baca penyebab penyakit jantung koroner nya!
Hipertensi
Anda akan dianggap menderita penyakit hipertensi bila tekanan darah Anda di atas 140/ 90 mmHg, sedangkan tekanan darah rata-rata yang normal ialah 120/ 80 mmHg. Tekanan darah yang tinggi menunjukkan jantung bekerja dengan keras sehingga jantung dan pembuluh darah akan lebih dibebani. Banyak faktor yang mencetuskan hipertensi termasuk konsumsi makanan dengan kadar garam yang besar.

Penyakit Diabetes Mellitus
Diabetes bisa mengakibatkan penebalan pada dinding pembuluh darah sehingga memiliki potensi terjadinya hambatan pembuluh darah. Oleh karena itu, penderita diabetes lebih memiliki risiko tinggi menderita penyakit jantung dibanding orang normal.

Kelebihan Berat Badan dan Obesitas
Orang dengan berat badan berlebih ataupun obesitas memiliki potensi jatuh dalam kondisi tekanan darah tinggi, kadar kolesterol yang tinggi, serta lebih rentan menderita penyakit diabetes mellitua tipe 2. Dengan serentetan penyakit yang berhubungan ini maka obesitas dan kegemukan juga memiliki risiko yang lebih tinggi terkena penyakit jantung koroner.

Faktor Usia
Semakin tua umur seseorang maka semakin tinggi pula risiko menderita penyakit jantung. Hal ini lantaran pembuluh darah akan semakin kaku dan kehilangan keelastisannya seiring dengan bertambahnya umur.

Jenis Kelamin
Umumnya, penyakit jantung koroner lebih sering menyerang kaum pria dari pada wanita. Namun, usia di atas 50 tahun antara kaum laki-laki dan perempuan memiliki risiko yang sama.

Riwayat Kesehatan di Keluarga
Bilamana memiliki keluarga inti yang menderita penyakit jantung maka risiko Anda akan lebih besar dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki riwayat di dalam keluarganya.

0 Response to "Penyebab Penyakit Jantung Koroner"

Posting Komentar

Silahkan komentar, tanggapan, saran, dan kritiknya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel