Memahami Masalah dan Penyebab Gangguan dan Kelainan Katup Jantung

Banyak masalah katup jantung yang pertama kali diidentifikasi oleh adanya "murmur" atau suara yang dapat didengar ketika dokter mendengarkan detak jantung dengan menggunakan alat stetoskop. Murmur mungkin terdengar seperti suara desis "deru" darah yang mengalir di bawah tekanan saat bergerak dari satu ruang ke ruang berikutnya, atau mungkin terdengar seperti klik ekstra ketika katup memungkinkan aliran balik.

Beberapa murmur tidak berbahaya, akan tetapi beberapa lainnya dapat menunjukkan masalah yang mendasar pada katup yang bisa saja dapat berkembang ke arah keadaan yang tidak baik atau dapat menjadi suatu penyakit jantung. Jika Anda atau dokter Anda memperhatikan murmur, berikut adalah beberapa hal yang mungkin dapat diamati lebih lanjut. 

Gejala Gangguan dan Kelainan Katup Jantung


  • Murmur mungkin menunjukkan masalah katup termasuk:
  • Stenosis: penyempitan atau kekakuan pada katup yang mencegah suplai darah yang cukup untuk mengalir.
  • Regurgitasi: ketika katup memungkinkan darah mengalir mundur ke dalam ruangan.
  • Prolaps: katup yang menutup selebaran secara tidak tepat.
  • Atresia: katup yang tidak terbentuk dengan benar atau hilang.

Memahami masalah katup jantung Anda: Solusi mana yang tepat untuk Anda?
Dengan memahami masalah dan gejala yang ada pada jantung Anda serta mengikuti panduan dari blog ini maka selangkah demi selangkah dapat menjelaskan masalah katup dan opsi perawatan kesehatan yang dapat Anda pertimbangkan.

Penyebab Penyakit Kelainan Katup Jantung dan Gangguan nya

Penyebab gangguan dan kelainan masalah katup jantung seringkali dapat dikaitkan dengan kelainan bawaan sejak lahir, berhubungan dengan faktor usia, atau disebabkan oleh kondisi-kondisi lain. Berikut penjabarannya:

Kelainan Katup Jantung Kongenital atau Bawaan

Sesuai dengan namanya kelainan katup yang terjadi di sini adalah kelainan yang telah diderita sejak lahir atau bahkan sejak dalam masa kandungan. Beberapa diantaranya antara lain:

  • Stenosis katup aorta
  • Anomali Ebstein
  • Stenosis katup pulmonal

Penuaan atau Penyakit katup yang berkaitan dengan usia, seperti:


  • Penyakit katup degeneratif

Paling sering mempengaruhi katup mitral, kondisi katup perlahan-lahan ke arah memburuk. Misalnya, prolaps katup mitral, suatu kondisi yang mempengaruhi hampir 2 persen populasi umum, keadaan ini akhirnya dapat berubah menjadi regurgitasi katup mitral yang membutuhkan pengobatan.

  • Kalsifikasi karena penuaan

Kadang-kadang kalsium dapat terakumulasi pada katup jantung, paling sering mempengaruhi katup aorta, dan dapat menyebabkan stenosis aorta.

  • Terapi radiasi mediastinum (radiasi ke dada)

Penelitian telah menunjukkan bahwa korban kanker masa kanak-kanak yang memiliki terapi radiasi untuk kanker mereka memiliki peningkatan prevalensi penyakit katup di kemudian hari.

Penyakit dan kondisi terkait yang dapat menyebabkan masalah katup:


  • Endokarditis infektif
  • Cedera
  • Demam rematik

Kondisi ini dapat menyebabkan satu atau lebih katup jantung menjadi bocor sehingga darah kembali ke bilik jantung atau gagal membuka sepenuhnya, membuat jantung Anda bekerja lebih keras dan mengurangi kemampuannya memompa darah. Meskipun masalah katup berpotensi menjadi berat dan mengancam jiwa, sebagian besar kondisi katup juga sangat dapat diobati.

Video Gangguan dan Kelainan Katup Jantung

Di sini kami sediakan video singkat untuk membantu memahami tentang masalah dan penyebab kelainan katup jantung. Klik beberpa kali lambang subtitle sampai muncul subtitle bahasa Indonesia bilamana Anda ingin mengatahui pembahasan secara bahasa Indonesia. Klik tombol fullscreen di kanan bawah untuk menonton video dengan leluasa.




Bilamana ada pertanyaan silahkan tanyakan di kolom komentar. Terima kasih!

0 Response to "Memahami Masalah dan Penyebab Gangguan dan Kelainan Katup Jantung"

Posting Komentar

Silahkan komentar, tanggapan, saran, dan kritiknya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel