Penyakit Stenosis Katup Trikuspid

Artikel pada kesempatan kali ini akan membahas tentang masalah stenosis pada katup trikuspidalis. Apa itu stenosis katup trikuspid? Istilah trikuspid sama dengan trikuspidalis.

Stenosis katup trikuspid ialah terjadinya penyempitan pada saat proses pembukaan katup trikuspid jantung. Stenosis jenis ini akan membatasi proses aliran darah antara bagian atas dan bawah dari sisi sebelah kanan jantung, atau dari bagian atrium kanan ke bagian ventrikel kanan jantung.

(Mau mengetahui stenosis pada katup lainnya? Silahkan klik dan baca: stenosis katup jantung).

gambar penyakit stenosis katup trikuspid
gambar stenosis pada katup

Masalah apa yang dapat terjadi seandainya penyakit stenosis katup trikuspid ini tidak ditatalaksana atau diobati lebih lanjut?

Setelah beberapa tahun menderita stenosis jenis ini, atrium kanan bisa menjadi membesar oleh karena proses aliran darah telah terjadi hambatan melalui pembukaan katup trikuspid telah menyempit. Ruang atrium yang membesar bisa memberikan pengaruh pada tekanan dan aliran darah di sekitar ruang jantung dan jaringan vena di dekatnya.

Keadaan ini akan menyebabkan ventrikel bagian kanan mengalami penyusutan oleh karena jumlah darah yang memasuki ventrikel kanan dari atrium menjadi berkurang. Konsentrasi darah yang berkurang di ventrikel kanan akan memasuki paru-paru sehingga pengambilan oksigen di paru-paru pun menjadi berkurang juga.

Siapa yang berisiko terkena penyakit stenosis katup trikuspid?

Banyak kasus kelainan fungsi katup ini diakibatkan oleh penyakit endokarditis infektif atau penyakit demam rematik, yang insidensinya telah menjadi langka di bagian Amerika Utara. Pada kasus yang jarang, stenosis pada katup trikuspid ini mungkin disebabkan oleh adanya cacat bawaan lahir atau penyakit tumor jantung.

Apa sajakah gejala stenosis katup trikuspidalis?

Umumnya gejala dan tanda bersifat ringan. Gejala dapat dirasakan seperti palpitasi (berdebar-debar atau terasanya detak jantung), rasa tidak nyaman pada dada, kulit menjadi dingin, dan kelelahan. Manajemen medis biasanya termasuk pemeriksaan oleh dokter dan pemberiaan obat-obatan. Bilamana derajat penyakit cukup parah, stenosis katup trikuspid ini bisa diobati dengan langkah perbaikan atau penggantian katup melalui prosedur operasi pembedahan.

0 Response to "Penyakit Stenosis Katup Trikuspid"

Posting Komentar

Silahkan komentar, tanggapan, saran, dan kritiknya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel