Penyakit Stenosis Katup Pulmonal

Bahasan yang kita ambil pada artikel ini tentang penyakit stenosis katup pulmonal. Artikel ini melengkapi pembahasan tentang stenosis pada tiga katup jantung lainnya. Jadi sudah tahukah Anda tentang penyakit ini? Kalau belum mari kita simak dan baca dengan seksama.

(Ketahui Stenosis pada katup jantung lainnya. Silahkan baca: stenosis katup jantung).

gambar stenosis katup pulmonal
gambar stenosis katup pulmonal

Apakah Penyakit Stenosis Katup Pulmonal Itu?

Penyakit stenosis katup pulmonal adalah suatu keadaan dimana terjadi penyempitan pada proses pembukaan katup pulmonal jantung. Stenosis jenis ini akan membatasi jumlah aliran darah dari ruang ventrikel kanan menuju ke pembuluh darah arteri pulmonalis, yang tugasnya mendistibusikan darah ke dalam organ paru-paru. Keadaan ini umumnya merupakan suatu akibat dari adanya kelainan jantung bawaan. Sangat jarang keadaan ini disebabkan oleh perkembangan atau komplikasi dari penyakit demam rematik atau sindrom karsinoid.

Siapa yang Berisiko Terkena Stenosis Katup Pulmonal?

Stenosis ini sangat jarang terjadi pada orang dewasa. Telah disebutkan di atas bahwa kondisi ini biasanya diakibatkan oleh penyakit jantung bawaan lahir (cacat jantung kongenital). Stenosis yang sifatnya sedang hingga berat seringkali dijumpai pada masa anak-anak karena adanya gejala dan tanda bising jantung yang sangat keras pada keadaan stenosis ini.

Apa Saja Gejala Stenosis Pulmonal Ini?

Jika stenosis yang terjadi bersifat ringan, mungkin saja tidak akan ada gejala dan tanda yang muncul secara nyata. Jika derajatnya naik menjadi sedang atau hingga berat, penderita biasanya dapat mengalami beberapa hal sebagai berikut:
  • Bising jantung,
  • Tidak mampu berolahraga dalam jangka lama,
  • Mudah lelah atau keletihan,
  • Mudah pingsan,
  • Mudah sesak napas, dan atau
  • Nyeri dada atau palpitasi (berdebar-debar).

Apa pengobatan dan hasil yang mungkin terjadi pada stenosis pulmonal ini?

Perawatan dan tatalaksana akan direkomendasikan ketika tekanan pada ruang ventrikel kanan tinggi (ada atau tidak adanya gejala). Tekanan tinggi di ventrikel dapat menyebabkan pembesaran jantung dan gagal jantung.

Perawatan Follow Up Berkelanjutan
Kabar baik: Orang dengan stenosis pulmonal ringan sering dapat menjaga fungsi jantung tanpa memburuk. Namun, tergantung pada tingkat keparahan stenosis, katup dapat diperbaiki atau diganti dengan pembedahan, atau dengan prosedur minimal invasif.

0 Response to "Penyakit Stenosis Katup Pulmonal"

Posting Komentar

Silahkan komentar, tanggapan, saran, dan kritiknya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel