Pengertian, Gejala, Pathway Patofisiologi Stenosis Katup Mitral

Artikel ini akan memaparkan secara singkat tentang stenosis katup mitral. Pembahasan dilakukan secara singkat dengan garis besar penjelasan mengenai pengertian, penyebab, gejala, patofisiologi stenosis katup mitral serta kemungkinan pengobatannya. Silahkan di baca secara perlahan-lahan agar mudah dimengerti.

(Mau mempelajari stenosis pada keseluruhan katup? Silahkan klik dan baca: Stenosis Katup Jantung).

Pengertian Apakah Stenosis Katup Mitral Itu?

Stenosis pada mitral ialah suatu keadaan dimana terdapat penyempitan pada fungsi pembukaan katup mitral jantung. Keadaan seperti ini akan membatasi jumlah aliran darah dari ruang atrium kiri ke ruang ventrikel kiri.

Masalah apa yang dapat terjadi bilamana stenosis katup mitral ini tidak ditatalaksana sebagaimana mestinya?
Stenosis mitral menyebabkan berkurangnya aliran darah yang lewat melalui pembukaan katup dari dari ruang atrium kiri ke ruang ventrikel kiri. Oleh karena hal ini, volume darah yang mengangkut senyawa oksigen dari paru-paru akan berkurang. Kondisi seperti ini akan membuat seseorang merasa menjadi cepat lelah dan kehabisan napas hingga sesak. Volume dan tekanan dari darah yang tersisa di ruang atrium kiri akan meningkat yang pada akhirnya dapat menyebabkan ruang atrium kiri membesar dan terjadilah penumpukan cairan di paru-paru.

Apa yang Menjadi Penyebab Stenosis Katup Mitral?

Stenosis mitral hampir selalu merupakan komplikasi dari penyakit demam rematik yaitu penyakit yang didapat pada  masa kanak-kanak yang kadang-kadang terjadi setelah radang tenggorokan yang tidak diobati atau demam berdarah. Demam rematik sangat jarang di negara ini karena penggunaan antibiotik yang efektif untuk mencegah infeksi. Dua kondisi yang tidak terkait dengan stenosis katup yang dapat meniru stenosis katup mitral dengan menghasilkan gejala yang sama adalah:
  • Myxoma (tumor kanker pada ruang atrium kiri)
  • Bekuan darah di dekatnya yang mengurangi aliran darah melalui katup mitral

Pengobatan : Apakah Stenosis Katup Mitral Dapat Diobati?

Obat-obatan tidak dapat memperbaiki defek dari katup yang telah terjadi, tetapi dokter Anda mungkin meresepkan diuretik untuk mengurangi penumpukan cairan yang terjadi di paru-paru, pengencer darah untuk mencegah pembekuan, atau obat anti-aritmik jika obat tersebut diindikasikan. Katup mitral biasanya dapat diperbaiki atau diganti menggunakan operasi, atau prosedur minimal invasif.

Video Animasi Stenosis Katup Mitral

Berikut ini kami sematkan video animasi tentang penyakit ini agar lebih mudah paham. Jangan lupa subscribe juga channel tersebut.



Bilamana ada pertanyaan atauhal-hal yang hendak didiskusikan silahkan tulisa di kolom komentar.

0 Response to "Pengertian, Gejala, Pathway Patofisiologi Stenosis Katup Mitral"

Posting Komentar

Silahkan komentar, tanggapan, saran, dan kritiknya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel