Pengertian dan Definisi Penyakit Jantung Koroner Menurut WHO

Sudah tahukah Anda tentang jantung koroner? Tulisan ini sengaja kami buat untuk menyampaikan informasi singkat kepada Anda tentang definisi dan pengertian penyakit jantung koroner menurut WHO (World Heart Organization). Kami tambahkan juga fakta penting tentang data epidemiologi dan prevalensi penyakit jantung koroner menurut WHO. Yuk silahkan dibaca.

Pengertian Penyakit Jantung Koroner (Menurut WHO)

Penyakit jantung koroner merupakan bagian dari bermacam-macam jenis penyakit kardiovaskuler. Penyakit kardiovaskuler adalah kumpulan berbagai gangguan yang terdapat pada jantung dan pembuluh darah di seluruh tubuh. Penyakit kardiovaskuler tersebut antara lain:
  • penyakit jantung koroner, yaitu penyakit yang terjadi akibat gangguan pada pembuluh darah yang tugasnya mensuplai darah ke otot-otot jantung.
  • penyakit serebrovaskuler (pembuluh darah otak), yaitu penyakit yang terjadi akibat gangguan pada pembuluh darah yang kerjanya mensuplai darah ke jaringan otak.
  • penyakit arteri perifer, yaitu penyakit yang diakibatkan oleh gangguan pada pembuluh darah yang tugasnya mensuplai darah ke daerah tangan dan kaki.
  • penyakit jantung rematik, yaitu penyakit yang terjadi akibat adanya kerusakan pada otot jantung dan atau katup jantung yang sering diakibatkan oleh demam rematik oleh bakteri streptokokus.
  • penyakit jantung kongenital, yaitu adanya malformasi pada struktur jantung sejak lahir.
  • trombosis vena dalam dan emboli paru, yaitu penyakit yang diakibatkan bekuan darah pada vena-vena kaki yang lepas menuju jantung dan paru-paru.


Serangan jantung dan stroke adalah penyakit akut yang paling umum terjadi. Ini biasanya disebabkan oleh sumbatan yang terbentuk pada aliran darah sehingga menghambat alirannya ke organ otak dan jantung. Alasan yang paling sering adalah sumbatan lemak pada dinding dalam pembuluh darah yang tugasnya mensuplai darah ke otak dan jantung.

Penyebab serangan jantung dan stroke ini biasanya kombinasi dari berbagai macam faktor risiko antara lain penggunaan rokok, pengaturan pola makan yang tidak sehat, obesitas, aktivitas fisik yang kurang, minum minuman beralkohol, hipertensi, diabetes, dan dislipidemia.

Fakta Penting Data Epidemiologi dan Prevalensi Penyakit Jantung Koroner Menurut WHO

Berikut ini beberapa fakta penting tentang penyakit kardiovaskuler (penyakit jantung koroner juga termasuk di dalamnya), antara lain:

  • Penyakit kardiovaskuler merupakan penyebab kematian secara global nomor satu. Banyak orang yang mati setiap tahunnya oleh karena penyakit ini dibandingkan dengan penyebab lainnya.
  • Diperkirakan 17,7 juta orang mati karena penyakit kardiovaskuler ini pada tahun 2015, jumlah ini mewakili 31 persen dari total kematian secara global. Dari angka ini pula, diperkirakan 7,4 juta mati karena penyakit jantung koroner dan 6,7 juta mati karena penyakit stroke.
  • Lebih dari 3/4 kematian akibat penyakit kardiovaskuler berada pada negara dengan penghasilan rendah hingga menengah.
  • Dari 17 juta kematian prematur (mati dibawah usia 70 tahun) disebabkan oleh penyakit yang tidak menular pada tahu 2015, 82 persen berada pada negara berpenghasilan menengah ke bawah, dan 37 persennya disebabkan oleh penyakit ini.
  • Sebagian besar penyakit kardiovaskular ini bisa dicegah dengan cara mengatasi berbagai faktor risiko pola hidup antara lain: penggunaan tembakau, pola makan yang tidak sehat dan keadaan obesitas, aktivitas fisik dan penggunaan minuman alkohol yang berbahaya dengan menggunakan strategi populasi luas.
  • Orang dengan penyakit ini atau mereka yang mempunyai risiko tinggi akan penyakit ini (dikarenakan keberadaan sat atau beberapa faktor risiko seperti penyakit darah tinggi, diabetes melitus, dan kondisi hiperlipidemia) membutuhkan deteksi dini dan manajemen konseling yang baik serta penggunaan obat-obat medis yang tepat.
sumber: who.int

0 Response to "Pengertian dan Definisi Penyakit Jantung Koroner Menurut WHO"

Posting Komentar

Silahkan komentar, tanggapan, saran, dan kritiknya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel