5 Mitos dan Fakta Umum Tentang Penyakit Jantung Pada Wanita

Bahasan fakta dan mitos jantung kali ini ditulis untuk perempuan terutama perempuan usia muda, tetapi tidak ada salahnya dibaca oleh kaum lelaki untuk sekedar pengetahuan yang dapat dibagikan kepada keluarga dan kerabat wanita. Bahasan kali ini berjudul "Lima Mitos dan Fakta Umum Tentang Penyakit Jantung Pada Wanita". Yuk kita simak!

Mitos dan Fakta Penyakit Jantung Pada Perempuan
wanita terhindar dari penyakit jantung maka keluarga bahagia

Pernahkah Anda mendengar ungkapan seperti:
"Penyakit Jantung? Tenang, itu adalah penyakit kaum lelaki"
atau
"Tetapi aku terlalu muda untuk penyakit jantung"
atau
" Sebagai wanita justru kanker payudara yag lebih aku takutkan!"
dan masih banyak lagi!

Jika Anda pernah mendengar atau bahkan berkata hal-hal yang hampir serupa dengan di atas sebelumnya, ya tidak apa-apa. Namun, Anda harus membaca artikel ini sampai selesai agar dapat mencerahkan pengetahuan Anda.

Anda harus terus menggali dan tahu fakta-fakta kesehatan yang sebenarnya. Bila Anda bergantung dengan asumsi yang salah maka akan merugikan kehidupan Anda sendiri. Sebut saja Regan Rudd, seorang pemudi yang juga sebagai atlit wanita perguruan tinggi berfikir keras tentang operasi jantung terbuka yang dialaminya. Siapa yang bisa disalahkan? Adanya riwayat penyakit jantung di dalam keluarga dan adanya murmur jantung sejak lahir membuat arah kepada penyakit jantung yang membutuhkan operasi, meskipun usia masih muda dengan segudang aktivitas sehari-hari yang menyehatkan yang dilakukannya.

Nih, simak wawancaranya!



Sudah saatnya untuk berfikir ke depan dan mulai mempertimbangkan bahwa penyakit jantung adalah penyakit untuk semua jenis kelamin dan semua usia. Kesehatan jantung bukanlah hal yang bisa dijadikan bahan negosiasi. Dengan menempatkan penyakit jantung sebagai ancaman bagi semua usia dan jenis kelamin manusia maka dapat dilakukan upaya mengurangi kejadian penyakit ini. Yuk, simak fakta dan mitos tentang jantung di sekitar kita.

5 Fakta dan Mitos Umum Seputar Penyakit Jantung Pada Perempuan 

fakta dan mitos penyakit jantung wanita muda
sehat jantung Anda

Fakta dan Mitos Pertama
Mitos:
Penyakit jantung adalah penyakit kaum lelaki, sedangkan kanker adalah ancaman nyata untuk kaum perempuan
Fakta:
Penyakit jantung adalah pembunuh yang menyerang lebih banyak wanita dibandingkan lelaki, dan penyakit ini lebih mematikan dari kombinasi segala tipe kanker. Ada sekitar satu diantara 31 perempuan Amerika yang meninggal dikarenakan kanker payudara tiap tahunnya, sementara penyakit jantung adalah penyabab kematian satu dari tiga kematian wanita Amerika.

Fakta dan Mitos Kedua
Mitos:
Penyakit jantung adalah penyakit orang tua dan usia lanjut
Fakta:
Penyakit jantung dapat mengenai wanita pada semua rentang usia. Untuk wanita muda di Amerika, kombinasi merokok dan penggunaan pil pengontrol kehamilan menyebabkan meningkatnya risiko kematian sebesar dua puluh persen. Risiko ini akan meningkat seiring dengan pertambahan usia, kondisi obesitas, dan gaya hidup yang tidak teratur. Namun, walaupun Anda telah mengatur gaya hidup dan pola makan yang sehat dan baik, risiko tidak akan berkurang bilamana Anda memiliki kondisi-kondisi kelainan jantung bawaan.

Fakta dan Mitos Ketiga
Mitos:
Penyakit jantung tidak mengenai wanita yang sehat dan fit
Fakta:
Meskipun Anda seorang wanita yang hobi yoga, sering melakukan marathon, risiko penyakit jantung Anda tidak langsung menghilang. Faktor-faktor lain seperti kadar kolesterol, kebiasaan makan dan merokok, dan gaya hidup yang kurang sehat lainnya. Meskipun Anda memiliki berat badan ideal atau bahkan kurus Anda bisa saja terkena kolesterol. AHA merekomendasikan untuk selalu mengevaluasi kadar kolesterol Anda sejak Anda menginjak usia 20 tahun atau bahkan lebih awal bilamana Anda memiliki riwayat keluarga menderita penyakit jantung. Selain itu, tetap fokus juga dengan nilai tekanan darah Anda. (Selalu lakukan pengukuran tekanan darah secara mandiri di rumah)

Fakta dan Mitos Keempat
Mitos:
Saya tidak memiliki gejala
Fakta:
Sebanyak 64% wanita yang meninggal secara tiba-tba oleh karena penyakit jantung tidak memiliki dan menunjukkan gejala apa-apa sebelumnya. Kebanyakan wanita salah paham oleh karena gejala-gejala penyakit bervariasi antara lelaki dan wanita. Mungkin yang lebih terekam dalam ingatan kita bahwa penyakit jantung menunjukkan gejala nyeri dada yang hebat. Namun, kebanyakan wanita lebih sering mengalami nafas pendek-pendek (sesak nafas), mual atau muntah, nyeri pada rahang atau punggung. Gejala lain yang harus diketahui oleh wanita adalah pusing, kepala terasa melayang atau ringan, pingsan, nyeri bagian bawah dada atau perut bagian atas, merasa sangat keletihan, dan lain-lain.

Fakta dan Mitos Kelima
Mitos:
Penyakit jantung adalah penyakit yang diturunkan, jadi tidak ada yang dapat saya perbuat
Fakta:
Meskipun Anda adalah wanita yang berasal dari keluarga yang memiliki riwayat penyakit jantung, itu bukan berarti Anda tidak dapat melakukan apa-apa untuk meredamnya. Jauhkan semua pikiran tentang itu dan mulailah buat rencana jangka pendek, panjang hingga hari tua Anda tentang bagaimana Anda menjaga kualitas jantung dan kualitas hidup Anda dengan baik.

Oleh karena memilih hal-hal yang kesehatan disertai pengetahuan yang baik tentang penyakit jantung, lebih dari 670 ribu wanita terselamatkan dari kualitas jantung dan kualitas hidup yang buruk akibat penyakit jantung. Jadi, segarkan terus pengetahuan jantung Anda dan aksikan rencana Anda!


sumber:
www.goredforwomen.org

0 Response to "5 Mitos dan Fakta Umum Tentang Penyakit Jantung Pada Wanita"

Posting Komentar

Silahkan komentar, tanggapan, saran, dan kritiknya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel