Jenis Buah dan Sayuran Penyebab Darah Tinggi

Artikel kali ini akan membahas tentang buah dan sayuran yang menyebabkan darah tinggi. Loh kok bisa? Ya memang bisa. Selama ini mungkin kita tidak mengetahui bahwa sayur pada kondisi tertentu dapat menaikkan tensi. Kita hanya tahu beberapa faktor risiko penyebab hipertensi antara lain: faktor usia, gen dan keturunan, kurangnya aktivitas fisik dan olahraga, berat badan berlebih dan obesitas, konsumsi garam yang berlebihan, kebiasaan merokok, minum minuman beralkohol, dan masih banyak lainnya.

Jenis Buah dan Sayuran Penyebab Darah Tinggi
gambar makanan kalengan
Begitu pun dengan buah-buahan, selama ini kita hanya paham bahwa buah-buahan memiliki segudang manfaat. Pasti terasa aneh bila mendengar beberapa buah justru dapat memicu penyakit hipertensi. Nah, supaya jangan bertambah bingung yuk kita baca sampai habis artikel ini biar gak salah paham.

3 Jenis Buah dan Sayuran Penyebab Tekanan Darah Tinggi

Buah dan sayuran apa yang menyebabkan darah tinggi pada seseorang? Dari sekian banyak buah dan sayuran, kami sampaikan hanya 3 poin penting saja agar artikel tidak terlalu panjang dan membingungkan. Yuk langsung saja!

1. Salad dengan Mayonaise (Saus krim keju)
Tidak sedikit orang yang memang tidak menyukai sayuran menyiasati makanan yang terdiri dari sayuran dengan mencampurnya dengan mayonaise. Selain itu, menu makan di restoran saat ini juga seringkali didapati sayuran yang dicampur saus krim keju ini. Pemanfaatan mayonaise memang cukup lumrah.

Mayonaise enak dan manis, tetapi itu megandung lemak jenuh dan trans. Kondisi ini membuatnya tidak sehat dan dapat membahayakan kesehatan jantung. Keju ini memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi yaitu 95 kalori per tbsp. Mayonaise juga memiliki kandungan natrium yang bila dikonsumsi berlebihan dapat mencetuskan hipertensi. Selain berbagai kondisi ini, mayonaise ini dibuat menggunakan telur yang tidak dipasteurisasi yang menyebabkan peningkatan pada infeksi bakteri salmonella. Konsumsi pada masa kehamilan sebaiknya dihindari.

Makanan Sayuran Lainnya Penyebab Darah Tinggi

2. Timun dalam Sajian Acar

Bagi para pencinta acar sebaiknya memberikan perhatian terhadap makanan ini. Acar memang berasal dari ketimun yang sangat baik untuk kestabilan jantung dan pembuluh darah. Acar memang memiliki kadar lemak dan kalori yang rendah. Satu dill acar mengandung kurang dari satu gram lemak dan  hanya 4 kalori. Selain itu acar juga kaya vitamin K yang kita ketahui keberadaannya dapat membantu bekuan darah pada sistem sirkulasi. Acar adalah cara enak untuk mendapatkan manfaat ini.

Eits, jangan senang dahulu. Sangat disayangkan acara memiliki kandungan natrium atau sodium yang tinggi sehingga dapat mencetuskan penyakit hipertensi bila dikonsumsi berlebihan. The Institute of Medicine’s Food and Nutrition Board menyarankan bahwa seseorang yang sehat seharusnya mengkonsumsi sodium sebanyak kurang dari 2.300 mg natrium dalam sehari. Satu dill acar memiliki kandungan 306 mg natrium atau 13 persen dari rekomendasi harian Anda. Jadi, batasi porsi makanan acar Anda agar tetap dapat menikmati enaknya makanan ini.

Sayuran Apa Lagi Yang Menyebabkan Darah Tinggi

3. Buah dan Sayur yang Dikalengkan
Makanan atau minuman yang dikalengkan bukanlah merupakan makanan yang sehat. Hal ini dikarenakan makanan jenis ini memeiliki kandungan garam (natrium) yang tinggi untuk proses keawetannya. Kadar natrium yang tinggi sebagaimana kita ketahui dapat meningkatkan tekanan darah. Informasi ini mungkin sudah banyak yang mengetahui. Namun, ada alasan lain agar kita menghindari makanan ini berdasarkan penelitian terbaru di Korea Selatan. Menurut penelitian itu, seseorang yang minum dari kaleng yang banyak mempunyai lapisan yang memiliki kandungan bisphenol A (BPA), dapat menaikkan tekanan darah 16 kali bila dibandingkan dengan minum dari gelas kaca.

Data ini bukanlah kali pertama yang menunjukkan bahwa BPA memiliki potensi merugikan. Penelitian sebelumnya yang menghubungkan bahan kimia yang terdapat pada plastik, lapisan kaleng menyebabkan gangguan hormon reproduksi seperti estrogen, eksaserbasi asma, dan gangguan perkembangan otak anak. Paparan terhadap BPA ini sulit dihindari. Banyak penelitian di AS yang menunjukkan paparan tinggi BPA terhadap masyarakat di sana penemuan 95% bahan kimia tersebut ada pada urine orang dewasa. Dalam satu penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang makan makanan kalengan selama lima hari secara berturut-turut bisa menaikkan kadar BPA dalam urin sampai lebih dari 1.000 persen bila dibandingkan dengan orang lain yang makan sayur dan buah segar.

Seorang ahli senior, Yun-Chul Hong dari department of preventive medicine and the environmental health center at Seoul National University dan rekannya menemukan bahwa wadah yang digunakan untuk minum juga memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Mereka melakukan uji dengan memberi susu kedelai kepada sampel dengan tiga kali kunjungan. Susu disiapkan dalam dua kaleng, dua botol kaca, atau satu kaleng dan satu botol kaca. Dari pengujian didapat tingkat BPA urine terendah yaitu setelah meminum dari botol kaca dan tertinggi setelah meminum dari botol kaleng.

Perbedaan di atas dilakukan pengujian pada tekanan darahnya. Perbedaan yang didapat sebesar 5 mmHg. Sementara menurut Hong, Peningkatan tekanan darah sebanyak 20 mmHg dapat melipatgandakan risiko terjadinya penyakit jantung. "Karena hipertensi merupakan faktor risiko yang terkenal untuk penyakit jantung, penelitian kami menunjukkan keterkaitan paparan BPA dengan peningkatan tekanan darah sangat menunjukkan bahwa paparan BPA dapat meningkatkan risiko penyakit jantung," Hong menulis dalam sebuah email yang membahas hasil.

0 Response to "Jenis Buah dan Sayuran Penyebab Darah Tinggi"

Posting Komentar

Silahkan komentar, tanggapan, saran, dan kritiknya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel