Jenis Buah dan Sayuran Yang Baik Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Buah dan sayuran adalah panganan bergizi yang sangat banyak menyediakan manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Menerapkan konsumsi sayuran pada pola makan sehari-hari dapat menjadi salah satu langkah dari sekian banyak langkah untuk menurunkan penyakit tekanan darah tinggi atau lebih dikenal dengan hipertensi. Tentunya ada banyak buah dan sayuran dengan manfaatnya masing-masing. Nah, di artikel kali ini kami menjelaskan jenis buah dan sayuran yang cukup umum dikonsumsi masyarakat yang dapat membantu tekanan darah menurun.

3 Jenis Buah dan Sayuran Untuk Menurunkan Tensi atau Tekanan Darah Tinggi

Pada kesempatan artikel buah dan sayuran penurun tekanan darah tinggi kali ini kita hanya akan membahas tentang tiga buah jenis sayuran saja. Buah dan sayuran ini kami pilihkan karena jenis-jenis ini cukup lumrah dan mudah didapat sehingga Anda dengan mudah dapat mempraktekkan pada pola makan Anda. Kami sertakan juga bukti ilmiah untuk mendukung kevalidannya berhubung sangat banyak artikel yang mengusung tema sayuran yang dapat menurunkan tensi akan tetapi miskin dengan bukti ilmiah. Untuk jenis buah dan sayuran lainnya akan kami carikan bukti ilmiah dan membuat tulisannya secepatnya.

Daun Seledri Dapat Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Sayur jenis pertama adalah selederi. Ya, pasti para pembaca kenal dengan seledri ini. Sayur ini biasanya mudah didapat di pasar tradisional atau modern dan biasanya sering dipakai sebagai bumbu masak atau lalapan. Banyak yang bertanya apakah daun seledri bisa mengurangi tekanan darah tinggi oleh karena banyak yang beranggapan demikian sehingga tak jarang terdapat resep-resep tentang cara membuat jus seledri untuk menurunkan tekanan darah yang tinggi. Yuk kita simak

Seledri memiliki kandungan kalium serta phtalide yang bermanfaat dalam membuat keelastisan dinding pembuluh darah arteri. Tingkat elastisitas pembuluh arterti yang tinggi akan mengurangi kekakuan pembuluh sehingga darah lancar mengalir di sana. Kandungan kalium juga tidak berefek terhadap sistem tubuh. Berbeda dengan natrium yang dapat meningkatkan tekanan darah.

Berikut kami tampilkan abtrak dari sebuah penelitian tentang manfaat phtalide sebagai bukti ilmiah dari tulisan ini. Penelitian ini berjudul Chemistry and biological activities of naturally occurring phthalides oleh GeLin, Sunny Sun-Kin Chan, Hoi-Sing Chung, dan Song-Lin Li.

Daun Seledri Dapat Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
gambar abstrak penelitian tentang phtalide

Gambar di atas adalah bagian abstrak dari penelitian tentang phtalide dan hubungannya dengan sistem kardiovaskuler. Maaf gambar agak sedikit blur karena resolusi memang sengaja kami kecilkan untuk mengurangi waktu loading halaman ini. Untuk lebih jelasnya kami terjemahkan apa yang tertulis di bagian abstrak tersebut.

Phthalides secara luas ada pada tumbuhan, jamur dan lumut hati. Banyak tanaman yang memiliki kandungan phthalide telah digunakan di seluruh dunia sebagai obat herbal dalam obat tradisional, suplemen makanan dan penyedap makanan. Dalam ulasan ini, struktur kimia, klasifikasi, dan sumber tanaman sekitar 137 phthalides alami asal tumbuhan dijelaskan. Kemajuan terbaru dalam aktivitas biologis pthalida ini, seperti proses pada sistem saraf pusat, agregasi anti-platelet dan anti-trombosis, modulasi fungsi jantung dan anti-angina, penghambatan proliferasi sel otot polos, perlindungan terhadap iskemia serebral, dan relaksasi otot polos, juga dibahas.

Wortel Dapat Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Sayuran jenis kedua adalah wortel. Sayuran ini mengandung zat beta karoten yang memiliki banyak kegunaan dalam menstabilkan detak jantung dan fungsi ginjal. Sayur ini juga mempengaruhi status tingkat antioksidan tubuh dan menurunkan lemak peroksida tubuh. Secara tidak langsung hal ini akan berdampak kepada turunnya tekanan darah pada tubuh.

Berikut kami tampilkan bagian kesimpulan dari penelitian yang berjudul Drinking carrot juice increases total antioxidant status and decreases lipid peroxidation in adults oleh Andrew S Potter, Shahrzad Foroudi, Alexis Stamatikos, Bhimanagouda S Patil, and Farzad Deyhim. Anda dapat melihat secara lengkap tentang penelitian ini di www.ncbi.nlm.nih.gov dan mencari kata kuncinya dengan memasukkan judul di atas.
wortel bisa menurunkan tekanan darah tinggi
gambar bagian kesimpulan penelitian

Dari gambar di atas kita dapat menyimpulkan bahwa wortel memang dapat memberikan efek proteksi terhadap sistem kardiovaskuler. Proteksi ini akan mengurang nilai tekanan darah pada akhirnya. Mudah-mudahan menjawab keraguan tentang apakah wortel bisa menurunkan tekanan darah tinggi.

Bayam Dapat Menurunkan Penyakit Hipertensi

Sayuran selanjutnya yaitu bayam. Bayam diyakini dapat menurunkan dan mengontrol tekanan darah tinggi. Selain itu bayam dapat menstabilkan dinding pembuluh darah sehingga tidak mudah kaku dan mengalami pengerasan.

Berikut kami tampilkan bukti ilmiah yaitu hasil penelitian yang berjudul Effect of Spinach, a High Dietary Nitrate Source, on Arterial Stiffness and Related Hemodynamic Measures: A Randomized, Controlled Trial in Healthy Adults oleh Elena Jovanovski, Laura Bosco, Kashif Khan, Fei Au-Yeung, Hoang Ho, Andreea Zurbau, Alexandra L. Jenkins, dan Vladimir Vuksan.

sayur bayam dapat menurunkan tekanan darah tinggi
gambar bukti ilmiah bayam dapat menurunkan tekanan darah tinggi
Untuk melihat langsung keseluruhan hasil penelitian silahkan kunjungi situs www.ncbi.nlm.nih.gov dan masukkan kata kunci judulnya.

Nah, itu tadi 3 jenis sayuran dan buah yang secara penelitian telah mampu atau berhubungan dengan penurunan tekanan darah tinggi. Untuk lebih mendapatkan hasil yang baik, Anda dapat menerapkannya pada pola makan Anda sehari-hari. 

0 Response to "Jenis Buah dan Sayuran Yang Baik Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi"

Posting Komentar

Silahkan komentar, tanggapan, saran, dan kritiknya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel