Gejala Serangan Jantung Pada Wanita Muda

Artikel kali ini akan membahas tentang apa saja gejala serangan jantung bagi wanita muda. Artikel ini kami hadirkan karena banyak sekali para perempuan yang belum mengetahui tanda dan gejala serangan jantung juga dapat mengenai kaum mereka. Mereka beranggapan bahwa penyakit ini hanya diderita oleh kaum lelaki. Penting juga untuk diketahui bahwa gejala serangan jantung bagi wanita bukan nyeri dada saja, gejala lain juga menyertainya. Lebih lengkapnya simak artikel di bawah ini.

Gejala Serangan Jantung Pada Perempuan Wanita Muda
Ilustrasi Gejala Serangan Jantung Pada Perempuan

Gejala Serangan Jantung Pada Wanita Muda dan Tua

Kita pasti pernah menonton adegan film di mana seorang pria dalam kondisi yang terengah-engah, mencengkeram pada bagian dadanya lalu secara dramatis jatuh ke tanah. Pada kenyataannya, korban serangan jantung bukan hanya lelaki tapi juga kaum wanita, dan adegan nya mungkin tidak terlalu dramatis.

"Meskipun pria dan wanita bisa saja merasakan tekanan dada yang dirasakan seperti gajah duduk di atas dada, wanita dapat juga mengalami serangan jantung tanpa adanya tekanan dada," kata Nieca Goldberg, MD, direktur medis untuk Joan H. Tisch Pusat Kesehatan Wanita di NYU Langone Medical Centre dan sukarelawan American Heart Association.

"Sebaliknya mereka mungkin merasakan sesak napas, tekanan atau rasa sakit pada dada bagian bawah atau perut bagian atas, pusing, atau pingsan, tekanan pada punggung bagian atas atau kelelahan yang ekstrim." Bahkan bilamana tanda-tanda itu halus, maka akibatnya dapat sangat mematikan, terutama jika wanita itu tidak langsung mendapatkan pertolongan medis.

Benarkah Gejala Serangan Jantung Bagi Wanita Bukan Nyeri Dada

"Saya pikir saya terkena flu"
Meskipun penyakit jantung adalah pembunuh wanita nomor 1 di Amerika Serikat, para wanita US  sering kali mengaitkan gejala yang mereka rasakan dengan penyakit yang kurang mengancam jiwa seperti refluks asam, flu, atau proses penuaan normal.

"Mereka melakukan ini karena mereka takut dan karena mereka menempatkan keluarga mereka terlebih dahulu," kata Goldberg. "Masih banyak wanita yang terkejut bahwa mereka bisa mengalami serangan jantung."

Serangan jantung menyerang seseorang setiap 43 detik. Ini terjadi bilamana aliran darah yang membawa oksigen ke otot jantung sangat berkurang atau terputus sepenuhnya. Ini terjadi karena arteri-arteri yang mensuplai jantung dengan darah dapat secara perlahan menyempit dari penumpukan lemak, kolesterol dan zat-zat lain (plak).

Banyak wanita berpikir tanda-tanda serangan jantung tidak dapat dipungkiri - citra kondisi yang berat terlintas dalam pikiran - tetapi kenyataannya mereka bisa lebih halus dan terkadang membingungkan.

Anda bisa merasakan sesak napas, “seolah-olah Anda berlari maraton, tetapi Anda belum bergerak,” kata Goldberg.

Beberapa wanita mengalami serangan jantung menggambarkan tekanan punggung atas yang terasa seperti meremas atau tali terikat di sekitar mereka, kata Goldberg. Pusing-pusing atau benar-benar pingsan adalah gejala lain yang harus dicari.

"Banyak wanita yang saya lihat meminum aspirin jika mereka mengira mereka mengalami serangan jantung dan tidak pernah menelepon ambulan untuk layanan kesehatan darurat," kata Goldberg. "Tetapi jika mereka berpikir tentang mengambil aspirin untuk serangan jantung mereka, mereka juga harus menghubungi ambulans."

Jaga dirimu
Penyakit jantung dapat dicegah. Berikut adalah kiat-kiat dari Goldberg:
  • Jadwalkan janji dengan penyedia layanan kesehatan Anda untuk mempelajari risiko pribadi Anda untuk penyakit jantung.
  • Berhenti merokok. Tahukah Anda bahwa hanya satu tahun setelah Anda berhenti, Anda akan mengurangi risiko penyakit jantung koroner hingga 50 persen?
  • Mulai program latihan. Hanya berjalan 30 menit sehari dapat menurunkan risiko Anda untuk serangan jantung dan stroke.
  • Ubah diet keluarga Anda jika diperlukan. Lihat kiat memasak yang sehat ini. Anda akan belajar substitusi cerdas, ide kudapan yang sehat, dan metode persiapan yang lebih baik. Misalnya, dengan unggas, gunakan daging ringan yang lebih ramping (payudara) daripada daging gelap yang berlemak (kaki dan paha), dan pastikan untuk mengangkat bagian kulit.

Tanda Serangan Jantung pada Perempuan

  • Tekanan yang tidak nyaman, diremas, merasa kepenuhan atau nyeri di tengah dada Anda. Itu berlangsung lebih dari beberapa menit, atau hilang dan kembali lagi.
  • Nyeri atau ketidaknyamanan pada satu atau kedua lengan, punggung, leher, rahang atau perut.
  • Sesak nafas dengan atau tanpa ketidaknyamanan di dada.
  • Tanda-tanda lain seperti berkeringat dingin, mual atau kepala terasa ringan.
  • Seperti pada pria, gejala serangan jantung wanita yang paling umum adalah nyeri dada atau ketidaknyamanan. Tetapi wanita agak lebih mungkin daripada pria untuk mengalami beberapa gejala umum lainnya, terutama sesak napas, mual / muntah dan sakit punggung atau rahang.
Jika Anda memiliki tanda-tanda ini, segera hubungi ambulans dan segera menuju ke rumah sakit.

0 Response to "Gejala Serangan Jantung Pada Wanita Muda"

Posting Komentar

Silahkan komentar, tanggapan, saran, dan kritiknya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel