Anatomi dan Sirkulasi Perdarahan Organ Jantung

Artikel ini akan membahas seputar anatomi ringkas dan sirkulasi perdarahan organ jantung. Bahasan artikel akan menitikberatkan dua hal ini saja. Artikel ini dapat menjadi penambah pengetahuan sebelum membahas tentang penyakit serangan jantung. Yuk, silahkan dibaca dengan baik-baik.

Anatomi dan Sirkulasi Perdarahan Organ Jantung
gambar jantung
credit to pixabay.com

Bahasan Anatomi dan Sirkulasi Perdarahan Organ Jantung Manusia

Anatomi Organ Jantung Manusia

Untuk anatomi ini, kita akan bagi menjadi dua bagian untuk lebih menyederhanakan pembahasan dan memudahkan untuk dimengerti.

Anatomi Luar
Organ jantung terdiri dari dua jenis ruang untuk memompa yaitu sepasang atrium dan sepasang ventrikel sehingga jantung memiliki memiliki 4 ruangan. Atrium terletak di atas ventrikel dan ukurannya lebih kecil dari ventrikel. Keduanya dipisahkan oleh arteri sirkumflex dan arteri koroner kanan.

Jantung dibungkus oleh suatu jaringan ikat yang tebal yang sering disebut dengan perikardium. Perikardium terdiri dari dua lapisan antara lain perikardium viseral (umumnya disebut dengan epikardium) dan perikardium parietal di sebelah luar. Lapisan epikardium meliputi lapisan seluruh bagian jantung dari badan jantung hingga pangkal arteri pulmonalis dan aorta di bagian atas yang kemudian melipat keluar beralih menjadi lapisan perikardium parietal. Kedua lapisan ini akan membentuk ruangan yang mengandung cairan yang biasa disebut dengan cairan perikardium. Cairan perikardium berfungsi untuk memperlancar pergerakan jantung saat berkontraksi atau berelaksasi. Selain itu, perikardium juga bermanfaat untuk fiksasi organ jantung karena perlekatannya dengan ligamentum-ligamentum di dalam rongga dada.

Anatomi Dalam
Jantung terbagi menjadi empat ruangan, yaitu dua atrium dan dua ventrikel. Diantara kedua atrium terbatas pembatas septum interatrial yang terletak pada bagian postero-inferior dinding medial atrium kanan, sementara kedua ventrikel dipisahkan oleh septum interventrikuler. Atrium kanan dan ventrikel kanan dihubungkan oleh katup bikuspidalis (sering juga disebut dengan katup mitral) sementara atrium kiri dan ventrikel kiri dihubungkan oleh katup trikuspidalis.

Sirkulasi Perdarahan Organ Jantung

Perdarahan otot-otot organ jantung bersumber dari dua pembuluh koroner utama yang keluar dari sinus valsaca aorta. Pembuluh koroner yang pertama adalah arteri koroner kiri atau Left Main Coronary Aorta (LMCA) yang berada di belakang arteri pulmonal sepanjang 1 hingga 2 cm yang lalu bercabang menjadi Left Circumflex Artery (LCX) yang berada pada sulkus artrio-ventrikuler mengelilingi bagian permukaan posterior jantung dan arteri desenden anterior kiri atau Left Anterior Descendent Artery (LAD) yang berada pada sulkus interventrikuler hingga ke apeks. Pembuluh darah ini juga bercabang mendarahi area diantara kedua sulkus tersebut.

Pembuluh koroner kedua, dikenal sebagai arteri koroner kanan. Pembuluh ini memperdarahi nodus sino-atrial (SA) dan nodus atrio-ventrikuler melalui kedua percabangannya antara lain, arteri atrium anterior kanan dan arteri koroner desenden posterior. Fungsi dari pembuluh vena jantung diambil oleh vena koroner yang senantiasa berjalan berdampingan dengan arteri koroner. Vena koroner ini akan bermuara pada atrium kanan via sinus koronarius. Selain itu terdapat juga vena thebesii, yang merupakan vena-vena berukuran kecil yang langsung bermuara ke dalam arterium kanan.

0 Response to "Anatomi dan Sirkulasi Perdarahan Organ Jantung"

Posting Komentar

Silahkan komentar, tanggapan, saran, dan kritiknya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel