5 Pertolongan Pertama Gejala Serangan Jantung

Perlu diingat bahwa serangan jantung merupakan suatu keadaan yang memerlukan atensi dan penanganan yang ekstra cepat dan tepat. Semakin segera suatu penanganan maka kemungkinan penderita terselamatkan semakin besar.

Sebelum kita berfikiran dalam persiapan memberikan pertolongan, hal yang paling penting adalah mengenali gejala dan tanda agar dapat menentukan apakah memang telah terjadi serangan jantung. gejala serangan jantung dapat sangat beragam, mulai dari derajat yang ringan sampai kepada derajat yang berat.

(Bila Anda ingin mengetahui segala hal tentang penyakit serangan jantung, silahkan klik DI SINI!)

5 Pertolongan Pertama Gejala Serangan Jantung
ilustrasi jantung

Gejala Serangan Jantung Pertama Yang Harus Dikenali

Umumnya, gejala dan tanda-tandanya antara lain:
  • Nyeri dada yang menetap atau hilang timbul selama beberapa menit (bisa sampai lebih dari lima menit). Nyeri dirasakan pada dada bagian kiri atau tengah. Nyeri dada ini sifatnya spesifik dan hampir selalu muncul pada setiap serangan jantung. jadi, bila ada beberapa gejala dan tanda serangan jantung yang muncul maka pastikan dari beberapa itu sudah termasuk nyeri dada di dalamnya,
  • Penjalaran nyeri atau berupa perasaan yang tidak nyaman dan kesemutan di bagian bahu lengan atas (terutama bagian kiri), punggung, leher, atau rahang bawah,
  • Susah untuk bernafas atau bernafas pendek-pendek,
  • mual atau lemah tiba-tiba,
  • Pusing atau kepala terasa ringan dan melayang, dan
  • Denyut jantung tidak teratur.


Lima Pertolongan Pertama Gejala Serangan Jantung Yang Dapat Dilakukan

Bilamana gejala dan tanda tersebut diketemukan pada penderita maka Anda disarankan segera melakukan hal-hal berikut:

1. Posisikan penderita dengan posisi duduk atau posisi yang nyaman bagi penderita.
Bila penderita duduk maka pastikan penderita dapat bersandar ke sesuatu agar tidak perlu menyangga beban tubuhnya sendiri. Pada penderita yang tidak sadar memposisikan berbaring harus tetap mewaspadai lancarnya jalan nafas karena pada orang yang tidak sadar seringkali lidah jatuh ke belakang dan menutup jalan nafas.

2. Panggil bantuan.
Segera hubungi pelayanan tenaga medis dan ambulans.

3. Tenangkan pasien.
Longgarkan pakaian penderita dan ucapkan kata-kata yang mendamaikan agar penderita terbantu menjadi lega.

4. Tanyakan riwayat kesehatan penderita.
Apakah ada obat jantung yang sedang dikonsumsi atas anjuran dokter. Bilamana penderita membawa obatnya maka bantu dirinya untuk mengkonsumsi obat-obatan tersebut. Biasanya obat-obatan berupa nitrogliserin bawah lidah atau juga aspirin kunyah. Jangan memberikan obat-obatan lain tanpa mengetahui riwayat penyakit penderita atau tanpa rekomendasi dari dokter oleh karena hal ini dapat memperburuk keadaan penderita.

5. Senantiasa nilai keadaan penderita.
Sambil menunggu bantuan medis datang, pastikan penderita masih dalam keadaan sadar dengan mengajaknya berbicara ringan sambil menenangkannya. Bilamana penderita masuk ke keadaan tidak sadar maka disarankan Anda melakukan resusitasi jantung paru. Namun, sebelum melakukan ini Anda diharuskan mengikuti pelatihan pertolongan pertama menyelamatkan nyawa pada keadaan darurat. Atau Anda juga bisa mengusahakan penjelasan bantuan medis via telepon bila memungkinkan.

0 Response to "5 Pertolongan Pertama Gejala Serangan Jantung"

Posting Komentar

Silahkan komentar, tanggapan, saran, dan kritiknya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel