Pengertian dan Penyebab Penyakit Serangan Jantung

Serangan jantung merupakan suatu penyakit yang menimbulkan kecemasan, baik pada penderita maupun orang-orang di sekitar penderita. Ada baiknya kita harus mengenal tentang pengertian dan penyebab penyakit serangan jantung pada artikel kali ini. Yuk, dibaca!

(Bila Anda ingin mengetahui segala hal tentang penyakit serangan jantung silahkan klik dan baca selengkapnya di sini).

Penjelasan Pengertian dan Penyebab Penyakit Serangan Jantung

Pengertian dan Penyebab Penyakit Serangan Jantung
nyeri dada pada serangan jantung

Pengertian Penyakit Serangan Jantung

Serangan jantung merupakan suatu keadaan dimana terjadinya gangguan atau hambatan suplai aliran darah ke otot-otot jantung. Dalam medis serangan jantung ini lebih sering disebut dengan infark miokard. Kondisi ini adalah keadaan yang gawat darurat dalam dunia kedokteran. Hambatan aliran darah ini akan menyebabkan kerusakan pada sel-sel otot jantung yang berujung pada kematian sel-sel otot jantung oleh karena sel-sel tersebut tidak mendapatkan nutrisi dan oksigen yang dibawa oleh darah. Hambatan biasanya disebabkan oleh adanya penggumpalan darah atau penumpukan lemak, kolesterol, dan zat lainnya.

Gejala Penyakit Serangan Jantung

Seperti kebanyakan penyakit, serangan jantung juga menunjukkan gejala dan tanda-tanda tertentu. Berikut ini merupakan gejala yang sering dan mungkin timbul pada pasien penderita serangan jantung, yaitu:
  • Nyeri pada bagian dada. Nyeri terutama dirasakan pada dada sebelah kiri. Nyeri dirasakan seperti dihimpit oleh beban berat. Nyeri juga dapat dirasakan menjalar ke punggung kiri dan ke lengan kiri.
  • Sesak napas.
  • Perasaan lemah dan pusing
  • Perasaan gelisah hingga cemas.
  • Kadang juga bisa merasakan kembung hingga menyesak dada yang sering misdiagnosis dengan penyakit maag.

Perlu diingat bahwa serangan jantung tidak dipengaruhi oleh derajat parahnya sakit yang dirasakan. Ada sakit yang amat sangat pada bagian dada hingga berkeringat dingin. Ada pula yang dirasakan ringan nyeri ulu hati seperti penyakit lambung. Bila sangat mencurigakan ke arah penyakit serangan jantung, tidak ada salahnya melakukan pemeriksaan jantung seperti EKG pada pasien dengan penyakit maag.

Penyebab Terjadinya Penyakit Serangan Jantung

Penyebab yang utama terjadinya penyakit serangan jantung adalah penyakit jantung koroner. Penyakit jantung koroner ini adalah suatu penyakit yang terjadi oleh karena sumbatan pada pembuluh darah koroner (pembuluh darah utama yang menyuplai darah ke otot-otot jantung). Sumbatan biasanya diakibatkan oleh tumpukan kolesterol sehingga berbentuk plak-plak yang menempel di sepanjang dinding pembuluh darah. Tidak semua plak yang menempel pada dinding menempel dengan kuat dan utuh. Ada beberapa plak yang dapat retak dan lepas dari dinding pembuluh darah. Plak yang lepas ini akan menjadi prekursor penggumpalan dan penumpukan darah yang berujung pada sumbatan yang dapat bersifat parsial ataupun total.

Berikut ini adalah faktor-faktor yang meningkatkan risiko kejadian penyakit jantung koroner, yaitu:
  • Diabetes
  • Merokok
  • Kadar kolesterol tinggi
  • Tekanan darah tinggi atau hipertensi (terutama yang tidak terkontrol)
  • Pola makan tidak sehat terutama sering mengonsumsi makanan yang berlemak
  • Obesitas atau berat badan berlebihan.

Yuk, dibaca juga tentang Sindrom Koroner Akut.
Share dan bagikan artikel ini melalui ikon sosial media di bawah agar lebih bermanfaat!

0 Response to "Pengertian dan Penyebab Penyakit Serangan Jantung"

Posting Komentar

Silahkan komentar, tanggapan, saran, dan kritiknya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel