Manfaat Yoga untuk Kesehatan dan Penyakit Jantung

Sudah banyak penelitian kesehatan yang menunjukkan bukti tentang manfaat yoga bagi kesehatan, khususnya pada penderita penyakit jantung.
gambar gerakan yoga untuk kesehatan jantung
ilustrasi gambar gerakan yoga


Telah diketahui bersama bahwa penyebab kematian nomor satu di dunia adalah penyakit jantung. Pembunuh nomor satu ini tak boleh dipandang sebelah mata. Untuk itu, melakukan pencegahan adalah hal yang lebih utama dilakukan dibandingkan melakukan pengobatan. Banyak hal yang dilakukan termasuk dengan berolahraga.

Salah satu olahraga yang tren saat ini adalah yoga. Bukan karena alasan digemari tapi kita membahas yoga ini lantaran dapat dijadikan sebuah gerakan untuk kesehatan jantung. Ya, sebuah gerakan yang bermanfat. Bagaimana cara mengatasi sakit jantung dengan cara yoga? Yuk baca artikel hingga selesai agar tahu tentang cara yoga untuk kesehatan Anda.

Pendapat tentang Manfaat Yoga Bagi Kesehatan Jantung

Hasil dari beberapa studi memperlihatkan bahwa yoga dapat melawan risiko penyakit jantung atau dapat dikatakan yoga untuk jantung lemah Anda (yoga menguatkan jantung Anda). Kita ambil contoh sebuah penelitian yang dilaksanakan oleh peneliti asal Belanda yang dipublikasikan pada European Journal of Preventive Cardiology. Hasil penelitian ini memperlihatkan terdapatnya keterkaitan antara latihan yoga dengan menurunnya beberapa faktor risiko penyakit jantung.

Pendiri program Cardiac Medical Yoga, dokter Mala Cunningham,  bahwa yoga dapat menurunkan nilai tekanan darah, meningkatkan volume kapasitas paru, memperbaiki fungsi pernafasan, denyut jantung, dan sirkulasi.

Selain itu, beliau juga menambahkan bahwa yoga dapat membantu kapasitas jantung dan paru yang sangat penting bagi orang penderita penyakit jantung. Disamping itu pula yoga dapat merelaksasikan pikiran sehingga menjauhkan stress yang sangat umum diderita oleh pengidap penyakit jantung.

Pendapat senada dituturkan oleh dokter Hugh Calkins dari Fakultas Kedokteran John Hopkins di Amerika Serikat. Beliau meyakini bahwa latihan yoga dapat membantu mencegah terjadinya penyakit jantung. Selain itu, beliau juga yakin bahwa yoga baik untuk pasien-pasien yang sedang menjalani program pemulihan dari serangan jantung.

Senada dengan Cunningham, dr. Hugh Calkins dari Fakultas Kedokteran John Hopkins, Amerika Serikat, yakin bahwa latihan yoga dapat membantu mencegah penyakit jantung. Bahkan ia juga meyakini bahwa yoga juga baik untuk mereka yang sedang dalam pemulihan dari penyakit tersebut.

Dokter menambahkan bahwa ada banyak studi yang menemukan bahwa adanya penurunan nilai kolesterol dan besar lingkar perut pada orang-orang yang secara rutin melakukan yoga. Selain itu,  beberapa penelitian lain juga menunjukkan terjadinya penurunan risiko atrial fibrilasi (salah satu kelainan irama jantung) pada mereka yang melakukan yoga rutin selama delapan minggu sebanyak dua kali dalam seminggu.

Pendapat lainnya dari Maureen Talbot dari yayasan jantung Inggris. Beliau berpendapat bahwa yoga dapat dijadikan sebagai latihan otot dan pernafasan. Dengan latihan rutin tentunya dapat diperkirakan mengurangi risiko terjadinya penyakit.

Telah banyak diulas pendapat-pendapat dari berbagai kalangan. Pendapat ini dapat dijadikan motivasi untuk memulai program latihan yoga. Namun, masih tetap juga diperlukan studi dan penelitian untuk menguatkan hubungan antara latihan yoga dengan penyakit jantung.

0 Response to "Manfaat Yoga untuk Kesehatan dan Penyakit Jantung"

Posting Komentar

Silahkan komentar, tanggapan, saran, dan kritiknya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel