Manfaat dan Hubungan Aktivitas Fisik dengan Kesehatan Organ Jantung Anda

Pada artikel kali ini kita akan mengulas manfaat olahraga atau aktivitas fisik untuk para penderita sakit jantung. Apakah aktivitas fisik bisa membantu fungsi kerja jantung? Apakah aktivitas fisik dapat mencegah penyakit jantung? Apakah dengan aktivitas fisik bisa menurunkan kejadian penyakit jantung koroner? Tentunya banyak lagi pertanyaan lain yang terbersit dalam benak kita. Yuk, langsung kita bahas artikelnya.

Manfaat serta Hubungan Aktivitas Fisik dengan Kesehatan Organ Jantung Kita

Perlu Anda ketahui bahwa Anda tidak dilarang untuk beraktivitas termasuk berolahraga bilamana Anda telah pernah didiagnosis menderita penyakit jantung, jantung lemah, atau bahkan memiliki riwayat serangan jantung. Justru olahraga yang teratur penting untuk para penderita ini.  Menurut National Heart Foundation of Australia, seseorang yang menderita penyakit jantung sebaiknya melaksanakan olahraga selama tiga puluh menit perhari. Jika terlalu sibuk, minimal olahraga dilakukan tiga kali dalam seminggu.
aktivitas fisik yang dibutuhkan agar jantung tetap sehat
Aktivitas Fisik yang Dibutuhkan agar Jantung Tetap Sehat

Pengaruh Aktivitas Fisik terhadap Kesehatan Jantung

Tentunya olahraga ini memiliki pedoman,  batasan, aturan, dan pastinya berada dalam pengamatan dan pengawasan oleh dokter. Banyak jenis olahraga yang dapat dilakukan yang memberikan manfaat dan pengaruh. Beberapa pengaruhnya, antara lain:
  • Menjadikan otot organ jantung menjadi lebih kuat.
  • Membiasakan jantung agar lebih aktif tanpa merasakan nyeri dada.
  • Memperkuat otot jantung dan sistem kardiovaskular.
  • Melancarkan sirkulasi dan aliran darah.
  • Membuat kondisi tubuh lebih optimal
  • Membantu tubuh untuk menggunakan oksigen dengan lebih baik.
  • Mengoptimalkan energi sehingga dapat melaksanakan lebih banyak aktivitas tanpa khawatir munculnya kelelahan atau sesak nafas.

Segera Hentikan Aktivitas Fisik atau Olahraga Bilamana...

Anda harus segera menyudahi olahraga dan segera mengontak dokter Anda bilamana terdapatnya gejala-gejala seperti di bawah ini, yaitu:
  • Jantung berdetak lebih kencang dan tidak teratur (ingat ya, tidak teratur! Anda tidak perlu khawatir bila hanya menunjukkan gejala denyut jantung yang cepat. Cukup ambil waktu istirahat saja).
  • Jantung berdegup atau berdebar-debar. (maksudnya adalah jantung Anda dirasakan berdenyut terlalu kuat apalagi sampai memperlihatkan denyut pada dinding dada Anda).
  • Merasa kelelahan dan keletihan.
  • Kepala terasa pusing atau terasa melayang.
  • Nyeri pada bagian dada.
  • Periksa denyut nadi Anda setelah beristirahat selama 15 menit. Segera kontak dokter Anda bila setelah istirahat jantung masih menunjukkan detak yang tinggi di tiap menitnya.

Jenis Aktivitas Fisik atau Olahraga yang Dapat Membantu Fungsi Kerja Jantung

Tidak semua olahraga yang dapat dilakukan oleh seorang penderita jantung. Beberapa olahraga di bawah ini dapat menjadi pilihan, antara lain:
1. Peregangan
Melakukan peregangan pada lengan dan kaki dapat membantu menyiapkan otot-otot untuk bisa beraktivitas dan untuk mencegah terjadinya cedera dan ketegangan otot yang berlebihan.  Banyak sekali olahraga yang mengutamakan peregangan, antara lain: yoga dan tai-chi. Olahraga ini memungkinkan para penderita penyakit jantung mendapatkan keseimbangan yang baik, ruang gerak yang lebih luas, dan sendi-sendi lebih fleksibel.

2. Kardiovaskuler atau aerobik 
Jenis olahraga seperti ini diyakini mampu menguatkan organ jantung dan paru-paru, menambah kemampuan tubuh dalam penggunaan oksigen, membantu adaptasi denyut jantung dan tekanan darah (olahraga yang teratur akan membuat tekanan darah turun denyut jantung berdenyut pelan layaknya para atlit). Olahraga aerobik dapat berupa jalan kaki, jogging, bersepeda baik indoor ataupun outdoor, lompat tali, maupun low-impact aerobics.

3. Kekuatan dan daya tahan (Power and Endurance
Olahraga ini meliputi olahraga yang membuat otot-otot berkontraksi berulang-ulang hingga kelelahan. Contoh olahraga ini adalah angkat beban atau penggunaan resistance bands untuk penguatan otot rangka. Anda dapat berolahraga selama 20 hingga 30 menit sedikitnya tiga hingga empat kali dalam seminggu.

Pengaruh Intensitas Aktivitas Fisik terhadap Kesehatan Jantung

Berbicara soal intensitas, ini adalah suatu hal yang tak boleh dianggap remeh. Berolahraga dengan intensitas yang berat justru akan memperburuk kondisi jantung Anda. Anda harus menambah intensitas olahraga dengan aturan yang benar. Peningkatan intensitas harus dilakukan secara bertahap mulai dari hal-hal yang ringan hingga kepada bagian yang berat.

Amati frekuensi nafas dan detak jantung Anda. Perubahan nafas yang cepat yang diikuti denyut jantung yang juga cepat selama melakukan olahraga adalah pertanda adanya peningkatan intensitas dalam olahraga. Ditambah lagi bilamana Anda terbata-bata ketika melakukan percakapan dengan orang lain dalam kondisi ini menunjukkan bahwa Anda belum dapat mengadaptasi intensitas tersebut. Biasakan intensitas yang ringan terlebih dahulu agar jantung Anda dapat dengan mudah beradaptasi.

0 Response to "Manfaat dan Hubungan Aktivitas Fisik dengan Kesehatan Organ Jantung Anda"

Posting Komentar

Silahkan komentar, tanggapan, saran, dan kritiknya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel