Kode Diagnosa Penyakit Jantung Bawaan Patent Ductus Arteriosus (PDA)

Artikel ini sengaja dibuat karena ada penanya yang bertanya tentang kode diagnosa penyakit jantung bawaan untuk penyakit patent ductus arteriosus (PDA). Di bawah ini adalah pembahasan singkatnya.

Kode Diagnosa Penyakit Jantung Bawaan Patent Ductus Arteriosus
gambar jantung
credit: shutterstock

Kode Diagnosa Penyakit Jantung Bawaan Penyakit Patent Ductus Arteriosus (PDA)

Pertanyaan dari Bapak Muhajirin:
Mohon jawaban dan masukannya tentang pasien bayi baru lahir yang didiagnosis dokter dengan Patent Ductus Arteriosus (PDA). Kode apakah yang sesuai? Apakah Q25.0 (Patent Ductus Atriosus) atau P29.3 (Persistent fetal circulation). Terima kasih atas perhatiannya.

Jawaban:
Kepada Bapak Muhajirin.
kalau dilihat di dalam kelompok P29 terdapat suatu ekslusi jika kelainannya kongenital. Menurut kami PDA merupakan suatu kelainan kongenital yang disebabkan adanya gangguan pada pembentukan organ saat masih berada dalam kandungan. Maka untuk hal ini lebih sesuai kepada kode Q. Kenapa? Oleh karena kode P adalah kelompok kelainan yang berawal saat masa perinatal. Walaupun perinatal terhitung juga mulai 22 minggu dalam masa kehamilan hingga 7 hari setelah melahirkan.

Sumber Teori Sederhana
Penyakit Patent Ductus Arteriosus (PDA) merupakan suatu gangguan bawaan pada organ jantung dimana saluran atau ductus arteriosus neonatus gagal untuk mengalami penutupan setelah lahir. A congenital disorder in the heart wherein a neonate's ductus arteriosus fails to close after birth kata Wikipedia.

Sementara itu, Persistent Fetal Circulation merupakan suatu keadaan yang diakibatkan oleh kegagalan sirkulasi sistemik dan sirkulasi paru untuk melakukan konversi dari pola sirkulasi antenatal menjadi pola yang normal. A condition caused by a failure in the systemic circulation and pulmonary circulation to convert from the antenatal circulation pattern to the "normal" pattern kata Wikipedia.

Berikut Kode Diagnosa Penyakit Jantung Bawaan Patent Ductus Arteriosus (PDA)

Q25.0 : Patent Ductus Arteriosus
P29.3 : Persistent Fetal Circulation.

Sumber artikel:
Grup SIRS, Case-Mix dan INA-CBG's.
F.A.Q khusus Koding
Semua pembahasan koding ICD 10 dan ICD 9 CM

0 Response to "Kode Diagnosa Penyakit Jantung Bawaan Patent Ductus Arteriosus (PDA)"

Posting Komentar

Silahkan komentar, tanggapan, saran, dan kritiknya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel