Kenali Tanda dan Gejala Serangan Jantung Sebulan Sebelumnya (Perkiraan)

Agen penyebab kematian nomor satu per tahunnya di dunia global adalah penyakit kardiovaskuler. Penyakit ini meluas lantaran adanya kesalahan dalam pola hidup atau pola makan masyarakat dunia. Bukan hanya di negara maju yang erat dengan masalah kesehatan obesitas, stres, dan lain-lain tetapi juga negara miskin yang erat dengan masalah merokok.

Kenali Tanda dan Gejala Serangan Jantung Sebulan Sebelumnya

Berdasarkan data WHO ditemukan bahwa setiap berlangsung 6,5 detik maka satu orang meninggal dikarenakan penyakit yang disebabkan oleh budaya dan kebiasaan merokok. Kebiasaan merokok sudah diteliti dapat meningkatkan angka menderita penyakit stroke dan penyakit jantung koroner setinggi dua hingga empat kali lipat. Hal ini tergantung dari durasi seseorang merokok dan juga jumlah batang rokok yang dihisap per harinya.

Sementara itu, data dari Kementrian Kesehatan menghitung bahwa pada tahun 2008 diperkirakan sebanyak 17,3 juta kematian terjadi diakibatkan penyakit kardiovaskuler. Sekitar lebih dari tiga juta kematian itu terjadi sebelum usia 60 tahun yang seharusnya dapat dilakukan upaya pencegahan.

Gejala Sasaran
Penerapan pola dan gaya hidup sehat merupakan kunci mutlak upaya pencegahan. Namun selain itu, penting untuk diketahui gejala serangan jantung sebulan sebelum penyakit terjadi. Apa saja itu?

Apa Saja Tanda dan Gejala Serangan Jantung Sebelum Sebelum Terjadinya?

Berikut beberapa pembahasannya dari the spirit science, Senin (27/7/2015):
1. Kelelahan
Penyempitan arteri koroner akan mengurangi suplai oksigen dan makanan ke otot jantung. Respon dari kekurangan oksigen akan memaksa otot jantung untum berupaya bekerja lebih keras. Proses ini menimbulkan perasaan lelah kepada tubuh di hampir sepanjang waktu.

2. Sesak Nafas
Telah kita ketahui bahwasanya aterosklerosis mengakibatkan kurangnya pasokan darah ke organ jantung. Akibatnya jantung tidak adekuat mengalirkan darah ke seluruh tubuh, termasuk ke paru-paru. Jantung dan paru merupakan organ yang bergantung satu sama lain. Penderita akan merasakan sesak nafas. Segera konsultasikan keadaan sesak nafas Anda kepada dokter untuk menentukan apakah ada keterlibatan jantung, paru-paru, atau keduanya. Seseorang yang sering mengalami sesak nafas bisa saja menjadi pertanda akan mengalami serangan jantung bilamana sesak itu dikarenakan oleh organ jantung.

3. Pusing atau keringat dingin
Sirkulasi yang buruk oleh karena pompa jantung buruk akan mengakibatkan aliran darah ke otak dan organ atau jaringan perifer berkurang. Kurangnya darah ke otak akan mengakibatkan sakit kepala. Kurangnya darah ke jaringan perifer akan mengakibatkan keringat dingin dan pucat.

4. Perasaan dada tertekan
Perasaan dada tertekan atau merasa tidak nyaman penting untuk mendapatkan atensi. Gejala adanya gangguan sirkulasi arteri koroner biasanya adalah perasaan sakit atau tidak enak pada dada terutama dada sebelah kiri. Segera konsultasikan dengan dokter Anda, apakah Anda mengidap gejala atau tanda-tanda akan terkena serangan jantung.

Demikian artikel ini, bila ada pertanyaan silahkan di kolom komentar. Baca juga Gejala Penyakit Serangan Jantung

0 Response to "Kenali Tanda dan Gejala Serangan Jantung Sebulan Sebelumnya (Perkiraan)"

Posting Komentar

Silahkan komentar, tanggapan, saran, dan kritiknya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel