Gejala Penyakit Serangan Jantung

Seperti telah diketahui sebelumnya dari artikel pengertian dan penyebab serangan jantung sebelumnya bahwa serangan jantung merupakan suatu kondisi medis yang gawat darurat yang membutuhkan penatalaksanaan yang cepat dan tepat. Segeralah minta tolong atau menuju ke rumah sakit terdekat bilamana Anda mengalami gejala dan tanda awal terkena serangan jantung. Nah, apa saja gejala penyakit serangan jantung? Tentunya Anda harus tahu terlebih dahulu agar Anda lebih waspada. Yuk kita simak saja di bawah ini.

(FYI: Bilamana Anda ingin mengetahui segala hal tentang serangan jantung maka jangan ragu klik dan baca di SINI)

Beberapa Gejala Penyakit Serangan Jantung

Gejala Penyakit Serangan Jantung
ilustrasi sakit jantung

Pada banyak diskusi di masyarakat ada yang membedakan gejala penyakit serangan jantung pada pria dan wanita. Apakah memang ada perbedaan antara keduanya? Kita lanjut baca saja.

Gejala Serangan Penyakit Jantung Pada Pria

Berikut ini adalah beberapa gejala dan tanda yang menunjukkan kondisi serangan jantung, yaitu:
  • Nyeri pada daerah dada. Dada dirasakan seperti ditekan, diremas, dan sempit. Nyeri dada yang dirasakan ini seringkali terasa sangat parah, akan tetapi tidak menutup kemungkinan suatu ketika tampilan klinisnya berupa sakit yang memiliki derajat ringan. Bahkan kadang-kadang pada wanita, orang tua, dan pasien diabetes tidak merasakan adanya sakit sama sekali.
  • Nyeri pada bagian tubuh lainnya. Nyeri seringkali dirasakan pada daerah lengan terutama sebelah kiri yang dapat menjalar ke bagian atas (daerah leher dan rahang) atau menjalar ke bagian bawah (daerah punggung dan perut).
  • Sesak nafas
  • Gejala gangguan pencernaan berupa mual hingga sakit perut
  • Mudah lemah dan pusing
  • Gelisah dan cemas
  • Berkeringat atau berkeringat dingin
  • Batuk


Gejala Serangan Penyakit Jantung Pada Wanita

Apakah ada perbedaan gejala antara pria dan wanita? Sebenarnya tidak ada perbedaan antara keduanya. Stigma di masyarakat bisa saja dikarenakan angka kejadian serangan jantung pada wanita lebih sedikit dari pada wanita, sehingga pada wanita seolah-olah gejala yang terjadi hanya bersifat ringan. Baca mitos dan fakta penyakit jantung pada wanita.

Gejala Penyakit Serangan Jantung Ringan

Semua gejala dan tanda di atas tidak mutlak dialami oleh semua pasien penderita penyakit jantung. Bahkan dapat ditemui sebagian orang yang mengalami gejala penyakit serangan jantung yang ringan atau tidak mengalami gejala sama sekali. Namun, tetap harus waspada bahwa sebagian orang juga mengalami henti jantung yang langsung. Semakin sering Anda mengalami gejala-gejala dan tanda-tanda, maka kemungkinan semakin sering frekuensi serangan jantung terhadap Anda.

Serangan jantung dapat muncul secara mendadak dan tiba-tiba, tetapi terkadang bisa juga diawali dengan gejala dan tanda awal. Gejala awal yang paling sering adalah seperti disebutkan di atas yaitu nyeri pada bagian dada. Gejala ini seringkali timbul saat sedang bekerja atau emosi. Biasanya akan mereda sesaat setelah beristirahat. Bila berketerusan maka segera ke dokter Anda untuk mendapatkan pertolongan awal. Dokter biasanya akan memberikan pengobatan yang dilakukan bertahap. Obat yang biasa diberikan adalah ISDN selang lima menit sambil memantau adanya pengurangan intensitas nyeri dada. Pada kasus nyeri dada yang menetap perlu dipertimbangkan merujuk ke rumah sakit terdekat.

Gejala Lain yang Muncul Akibat Serangan Jantung

Henti jantung dapat saja timbul akibat komplikasi serangan jantung. Jantung mengalami kekejangan akibat kekurangan suplai hingga behenti berdetak secara mendadak. Pasien akan terlihat tidak bergerak, tidak bernafas spontan, dan tidak bereaksi terhadap komunikasi dan sentuhan. Pada kondisi seperti ini pasien sangat memerlukan orang-orang yang ada di sekitarnya. Pertolongan dari orang di sekitar yang mengerti tentang cardiopulmonary resuscitation (CPR) atau resusitasi jantung paru (RJP) akan sangat membantu. Untuk cara CPR akan dibahas pada artikel lainnya.

Baca lebih lanjut : Diagnosis Penyakit Serangan Jantung

0 Response to "Gejala Penyakit Serangan Jantung"

Posting Komentar

Silahkan komentar, tanggapan, saran, dan kritiknya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel