Diagnosis Penyakit Serangan Jantung

Bilamana telah terjadi serangan jantung atau Anda menduga sudah terjadi serangan jantung pada siapapun maka segera akses rumah sakit terdekat. Di rumah sakit, dokter akan membantu memastikan diagnosis dan melakukan penatalaksanaan secepat dan setepat-tepatnya. Berikut adalah beberapa langkah atau tindakan yang mungkin diambil seorang dokter di rumah sakit:

Beberapa Cara men-Diagnosis Penyakit Serangan Jantung

1. Pemeriksaan Elektrokardiografi (EKG)
EKG adalah suatu alat yang memiliki fungsi untuk mengukur aktivitas kelistrikan jantung. Organ jantung akan mengeluarkan sinyal-sinyal elektrik saat berdenyut yang nantinya akan ditangkap dan dicatat oleh alat EKG ini. Hasil catatan alat ini akan diinterpretasi oleh dokter. Selain memastikan diagnosis serangan jantung, penggunaan alat ini juga dapat menentukan jenis serangan jantung yang diderita.

2. Tes Darah
Proses serangan jantung menunjukkan bahwa terdapat suatu kerusakan pada organ jantung. Ketika terjadi kerusakan jaringan atau sel jantung maka ada beberapa enzim jantung yang bocor dan memasuki pembuluh darah. Tes sampel darah yang menunjukkan adanya enzim jantung akan membantu dalam menegakkan diagnosis serangan jantung. Selain pemanfaatan untuk diagnosis, tes darah ini juga digunakan untuk menilai respon terapi dan pengobatan yang diberikan terhadap pasien.

3. Pemeriksaan Rontgen atau sinar X pada Rongga Dada
Bilamana diagnosis serangan jantung belum dapat dipastikan serta masih memungkinkan adanya penyebab lain yang muncul, maka pemeriksaan sinar X dapat dilakukan untuk lebih memperjelas keadaan. Pemeriksaan sinar X dapat menentukan adanya komplikasi akibat serangan jantung, seperti edema paru (penumpukan sejumlah cairan di dalam paru-paru)

4. Ekokardiogram
Ekokardiogram adalah sebuah alat yang berfungsi memindai secara ultrasound pada organ jantung untuk menentukan lokasi kerusakan jaringan jantung dan akibat yang ditimbulkannya terhadap fungsi jantung.

5.Angiografi koroner atau kateterisasi jantung.
Angiografi adalah suatu prosedur yang dilakukan untuk menentukan apakah telah terjadi penymbatan ataupun penyempitan pada aliran pembuluh darah koroner. Prosedur ini juga dapat dilakukan sebelum operasi oleh karena hasilnya dapat digunakan oleh dokter bedah sebagai pedoman dalam melakukan operasi.

6. Kardio CT scan atau MRI.
Kedua jenis tes ini dapat digunakan untuk mendiagnosis masalah jantung. Selain itu, alat ini juga dapat dimanfaatkan untuk melihat kerusakan yang diakibatkan oleh proses serangan jantung.

Baca selengkapnya tentang penyakit serangan jantung di sini

0 Response to "Diagnosis Penyakit Serangan Jantung"

Posting Komentar

Silahkan komentar, tanggapan, saran, dan kritiknya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel