Definisi dan Pengertian Sindrom Koroner Akut

Sindrom Koroner Akut (biasa disingkat SKA) merupakan suatu terminologi atau istilah yang biasanya dipergunakan untuk mendeskripsikan kumpulan beberapa proses atau spektrum keadaan dari penyakit jantung yang meliputi, antara lain: angina pektoris yang tidak stabil (unstable angina/ UA), infark miokard pada gelombang non-Q (IMAnQ) atau infark miokard tanpa adanya elevasi segmen ST (Non-ST elevation myocardial infarction/ NSTEMI), dan infark miokard gelombang Q (IMAQ) atau infark miokard dengan adanya elevasi segmen ST (ST elevation myocardial infarction/ STEMI).

Penjelasan Pengertian dan Definisi Sindrom Koroner Akut dalam Bagan

Definisi dan Pengertian Sindrom Koroner Akut
spektrum sindrom koroner akut

UA dan NSTEMI memiliki patogenesis dan gambaran klinis yang sama. Perbedaan hanya terletak pada derajatnya. Bilamana ditemukan adanya petanda biokimia nekrosis miokard (yaitu: peningkatan troponin T, troponin I, dan/ atau CK-MB) maka keadaan ini diagnosis dengan NSTEMI; sedangkan bilamana petanda biokimia ditemukan tidak meninggi, maka didiagnosis dengan UA.

Pada UA dan NSTEMI pembuluh darah yang terlibat tidak mengalami oklusi bersifat total/ oklusi yang tidak terjadi total (patency). Oleh karena itu, pada keadaan ini dibutuhkan stabilisasi dari plak untuk mencegah terjadinya progresi, vasokonstriksi, dan trombosis. Dengan menentukan kadar troponin I dan/ atau T merupakan usaha yang baik karena troponin tersebut merupakan ciri paling sensitif dan spesifik untuk menentukan adanya nekrose miosit dan memudahkan penentuan patogenesis dan alur pengobatannya.

Sedang kebutuhan miokard tetap dipengaruhi obat-obat yang bekerja terhadap kerja jantung, beban akhir, status inotropik, beban awal untuk mengurangi konsumsi oksigen miokard. UA dan NSTEMI merupakan SKA yang ditandai oleh ketidakseimbangan pasokan dan kebutuhan oksigen miokard. Penyebab utama ialah adalah stenosis koroner akibat trombus non-oklusif yang terjadi pada plak aterosklerosis yang mengalami erosi, fisur, dan/atau ruptur.

Ketiga jenis keadaan koroner itu sesungguhnya adalah suatu proses yang berjenjang: mulai dari fenomena yang ringan sampai yang paling berat. Jenjang-jenjang ini akan dipengaruhi oleh tingkat dari oklusinya, lama onset iskemia berlangsung, kolateralisasi, akut atau tidaknya keadaan, dan lamanya iskemia miokard berlangsung.

0 Response to "Definisi dan Pengertian Sindrom Koroner Akut"

Posting Komentar

Silahkan komentar, tanggapan, saran, dan kritiknya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel