Cek dan Pengukuran Tekanan Darah Secara Mandiri

Dalam upaya mengendalikan dan mengontrol tekanan darah, melakukan cek dan pengukuran tekanan darah secara mandiri di rumah adalah suatu hal penting yang dapat dilakukan oleh seorang penderita hipertensi. Sekarang ini telah banyak dijual alat pengukur tekanan darah di pasaran. Alat pengukur yang dijual banyak yang praktis dan mudah digunakan dengan tidak mengurangi keakuratan alat tersebut.

gambar pemeriksaan tekanan darah mandiri
gambar pemeriksaan tekanan darah

Apa Manfaat Cek dan Pengukuran Tekanan Darah Secara Mandiri ?

Tentunya kita bertanya, mengapa harus melakukan pengukuran secara mandiri? Nah, di sini kami jabarkan beberapa manfaat yang dapat diambil bila melakukan pemeriksaan secara mandiri. Yuk disimak di bawah ini:

1. Membantu menegakkan diagnosis hipertensi yang lebih dini.
Bila Anda termasuk ke dalam kelompok dengan risiko tinggi atau sedang mengalami pre-hipertensi pada waktu pemeriksaan sebelumnya tentunya ini akan sangat membantu. Dengan sering melakukan pemeriksaan mandiri di rumah, maka Anda akan tahu kapan atau sedini mungkin mengetahui terkena penyakit hipertensi.

2. Konfirmasi diagnosis
Kadang kala pemeriksaan tekanan darah di klinik atau rumah sakit tidak merepresentasikan keadaan sebenarnya. Hal ini mungkin dikarenakan adanya pengaruh kondisi lingkungan pada pasien. Tekanan darah bisa saja tinggi dikarenakan keadaan cemas di rumah sakit, emosi tidak stabil hingga kebosanan saat antrian, dan lain-lain. Perlu diingat bahwa dalam dunia kedokteran terdapat isitilah white coat hypertension. Isitilah ini adalah kondisi dimana tekanan darah seseorang menjadi tinggi ketika diukur di depan dokter, tetapi normal kembali saat diukur di rumah. Dengan melakukan pemeriksaan tekanan darah mandiri di rumah diharapkan dapat merepresentasikan tekanan darah dalam kondisi sehari-hari.

3. Monitoring dan evaluasi pengobatan
Evaluasi pengobatan dapat dengan mudah dilakukan dengan melakukan pengukuran tekanan darah secara mandiri di rumah. Hasil pengukuran tekanan darah yang Anda dapat dari pengukuran dapat dikumpulkan menjadi data-data. Data-data ini dikumpulkan dalam beberapa hari. Nah, nantinya Anda dapat menggunakan data-data ini sebagai bahan diskusi dengan dokter yang merawat Anda. Dengan data ini maka dokter akan relatif lebih mudah menentukan pengaturan dan maintenens dosis obat.

4. Meningkatkan kedisiplinan
Dengan mengetahui nilai tekanan darah setiap hari tentunya menjadikan penderita hipertensi semakin lebih disiplin. Dibekali dengan kemauan yang kuat maka para penderita hipertensi akan lebih teratur dalam menerapkan pola hidup sehat (khususnya pola jantung sehat). Selain itu, pasien juga lebih teratur dalam mengkonsumsi obat-obatan hipertensi.

5. Mengurangi biaya kesehatan
Pengukuran tekanan darah secara mandiri merupakan suatu kegiatan yang murah dan mudah. Murah karena menggunakan biaya yang bisa dibilang gratis (hanya bermodal alat pengukur tekanan darah) dan mudah karena dapat dilakukan setiap hari.

Nah, itu tadi lima manfaat yang mungkin dapat diambil dari pemeriksaan darah secara mandiri ini. Penting untuk diingat bahwa walaupun pemeriksaan secara mandiri ini adalah suatu bagian yang penting dalam penanganan dan pengobatan penyait hipertensi, cara penggunaan alat dan cara pengukuran tekanan darah juga harus tetap melalui diskusi dan latihan dengan dokter atau petugas kesehatan.

Simak Video Singkat:

Cara Mengukur Tekanan Darah Secara Mandiri dengan Tensimeter Digital Omron


Baca artikel lainnya hanya di penyakitjantung.id

0 Response to "Cek dan Pengukuran Tekanan Darah Secara Mandiri"

Posting Komentar

Silahkan komentar, tanggapan, saran, dan kritiknya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel