Cara Mencegah Penyakit Serangan Jantung Sejak Dini dengan Memahami Penyakitnya

Menurut Center for Disease Control (atau biasa disingkat dengan CDC), penyakit kardiovaskuler seperti penyakit jantung dan penyakit stroke adalah penyebab kematian tertinggi baik untuk pria maupun wanita di Amerika Serikat. Perlu diketahui bahwa gejala penyakit jantung yang muncul berbeda antara laki-laki dengan perempuan. Derajat berat ringannya penyakit pun cukup bervariasi. Oleh karena itu, cukup penting untuk mengenal gejala penyakit ini agar paham bagaimana cara pencegahan penyakit jantung sejak dini waktu.
Cara Mencegah Penyakit Serangan Jantung Sejak Dini
pencegahan penyakit jantung sejak dini

Memahami Penyakit Sebagai Cara Untuk Mencegah Penyakit Jantung Sejak Dini

Tanda-tanda yang perlu diwaspadai

Derajat penyakit sangat beragam antara satu individu dengan individu lain. Ada yang menunjukkan gejala ringan (misal berupa nyeri dada ringan) hingga ada pula yang menampilkan gejala yang parah sampai tidak dapat beraktivitas sehari-hari. Bahkan bagi sebagian penderita tidak menunjukkan gejala dan tanda apapun hingga terkena serangan jantung mendadak. 

Dua gejala dan tanda penting penyakit jantung yang harus diwaspadai ialah angin duduk dan sesak nafas. Angin duduk ialah istilah untuk gejala dada terasa berat, nyeri seperti dada terasa terbakar atau diremas. Sensasi dan rasa seperti ini juga dapat dirasakan menjalar ke leher, rahang, atau lengan kiri. Seringkali angin duduk ini disalahartikan sebagai gejala gangguan saluran pencernaan. 

Gejala lainnya yaitu sesak nafas. Pasien dengan gangguan jantung seringkali merasakan kesulitan dalam bernafas. Kesusahan bernafas ini dirasakan baik saat beraktivitas maupun saat beristirahat. 

Ciri-ciri tambahan lain yang perlu diwaspadai:

  • Merasakan keletihan dan kelelahan dalam waktu yang lama. 
  • Bengkak pada daerah dan pergelangan kaki. 
  • Jantung terasa berdebar atau berdetak cepat.
  • Merasakan pusing dan atau mual tanpa sebab yang jelas. 

Kenali Faktor Pemicu Sebagai Cara Pencegahan Penyakit Serangan Jantung Dini

Faktor pemicu 

Telah diketahui bahwa faktor penyebab penyakit jantung ada yang dapat dihindari dan ada yang tidak dapat dihindari. Meskipun Anda tidak mampu mengubah faktor yang tidak bisa dihindari, masih banyak jalan untuk mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung.

Langkah yang pertama kali ialah dengan cara memahami apa saja faktor pencetusnya dan bagaimana cara untuk menghindarinya. Yuk kita kenali. 

Faktor Pemicu yang Tak Bisa Dihindari
Cukup banyak faktor pencetus penyakit jantung. Dari jumlah itu ada beberapa sayangnya tidak dapat dihindari, yaitu:

  • Keturunan
Bilamana di silsilah keluarga Anda banyak yang menderita penyakit jantung maka Anda memiliki risiko yang cukup besar untuk terkena penyakit tersebut. 

  • Penuaan 
Risiko terkena penyakit jantung semakin meningkat beriringan dengan pertambahan usia. Sekitar empat dari lima orang tercatat meninggal dikarenakan penyakit jantung koroner berumur lebih dari 65 tahun. 

  • Jenis kelamin
Jenis kelamin laki-laki memiliki risiko lebih besar mengidap penyakit jantung dibandingkan jenis kelamin perempuan. Pada wanita risiko meningkat saat memasuki masa-masa menopause. 

Faktor Pemicu yang Bisa Dihindari
Anda tetap harus was-was walaupun tidak memiliki faktor-faktor yang tidak bisa dihindari terkena penyakit jantung. Kenapa? Oleh karena ada beberapa faktor yang bisa dihindari yang turut berperan dalam memicu terjadinya penyakit jantung. Namun, sesuai namanya bahwa faktor ini dapat dikontrol. Jadi, Anda tidak perlu terlalu ketakutan.

Cara Mengatasi dan Mengobati Penyakit Serangan Jantung Dini dari Faktor Pemicu

Perokok
Jika Anda perokok maka tidak ada kata lain yaitu harus berhenti merokok. Dengan berhenti merokok maka Anda memperkecil risiko terjangkit penyakit jantung.

Makanan dan minuman
Upayakan untuk mengatur pola makanan Anda. Usahakan mengonsumsi makanan rendah kandungan garamnya. Pilih juga makanan yang rendah lemak jenuh dan yang tinggi serat. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter keluarga Anda ataupun ahli gizi Anda.

Berat badan
Anda harus selalu berpola hidup sehat dengan selalu menjaga berat badan yang ideal. Berat badan yang ideal akan mengurangi beban kerja jantung.

Tekanan darah dan kolesterol
Biasakan untuk mengevaluasi tekanan darah dan kadar kolesterol Anda. Tekanan darah yang normal akan mengurangi beban kerja pembuluh darah dan jantung. Kadar kolesterol yang normal juga akan mengurangi risiko aterosklerosis.

Olahraga teratur
Salah satu upaya pola hidup sehat yang lain adalah olahraga yang teratur. Konsultasikan jenis olahraga yang sesuai dengan kondisi tubuh dan kesehatan Anda dengan dokter keluarga.

Diabetes
Bilamana Anda adalah penderita penyakit diabetes, tetaplah minum obat secara teratur dan juga dibarengi dengan diet dan olahraga.

Penyakit jantung ialah problema kesehatan yang serius pada laki-laki dan perempuan. Walaupun ada beberapa faktor pencetus yang tidak mungkin dihindari, akan tetapi masih banyak faktor lain yang masih dapat ditatalaksana agar dapat mencegah dan mengurangi risiko terjadinya penyakit ini.

Oleh karena itu, senantiasalah melakukan pola hidup aktif, sehat , dan bermanfaat untuk menjaga kondisi tubuh Anda. Konsultasikan juga selalu problema kesehatan Anda dengan dokter, ahli gizi, ahli terapi, dan selalu update infomasi kesehatan di situs ini.

Baca juga informasi-informasi terkait penyakit serangan jantung di SINI.

0 Response to "Cara Mencegah Penyakit Serangan Jantung Sejak Dini dengan Memahami Penyakitnya"

Posting Komentar

Silahkan komentar, tanggapan, saran, dan kritiknya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel