Apa Penyebab Utama Dari Terkena Atau Terjadinya Penyakit Serangan Jantung ?

Artikel ini akan membahas tentang apa sebenarnya penyebab utama dari terkena atau terjadinya penyakit serangan jantung. Namun, sebelum kita bahas secara singkat kita harus ketahui dahulu apa penyakit serangan jantung itu. Sebelumnya penyakit jantung merupakan agen nomor satu yang menyebabkan kematian pada orang dewasa di negara Amerika Serikat. Penyakit jantung, stroke, dan penyakit periferal arterial lainnya adalah kumpulan penyakit yang sangat mematikan. Di seluruh belahan dunia, jumlah dari penderita penyakit ini kian hari terus kian bertambah.

(Sekedar informasi: Untuk lebih jelasnya tentang penyakit serangan jantung ini dapat Anda lihat di SINI!)

Apa Penyebab Khusus Dari Terkena Serta Terjadinya Penyakit Serangan Jantung
ilustrasi saat serangan jantung

Jadi, Apa Saja Penyebab Penting Dari Terjadinya Dan Terkena Penyakit Serangan Jantung ?

Penyebab penting dari terjadinya penyakit serangan jantung ini adalah penyakit jantung koroner itu sendiri. Penyakit ini menyebabkan terjadinya sumbatan pembuluh darah utama (pembuluh arteri koroner) yang fungsinya mensuplai aliran darah ke jantung. Sumbatan yang terjadinya biasanya disebabkan oleh tertimbunnya kolesterol yang berbentuk plak-plak yang menempel di sepanjang pembuluh arteri tadi.

Plak yang retak akan mengakibatkan terbentuknya gumpalan-gumpalan darah. Keadaan ini pada akhirnya akan menghambat pasokan dan suplai darah (suplai oksigen dan energi) ke otot-otot jantung melalui arteri koroner. Otot yang cedera atau rusak akan memicu terjadinya serangan jantung.

Penyakit atau Kondisi Yang Menyebabkan Serangan Jantung

Nah, perlu diingat juga bahwa ada beberapa faktor yang meningkatkan risiko dari penyebab keadaan ini tadi, antara lain:

  • Usia

Bagi pria tentunya harus waspada bila sudah memasuki usia 45 tahun. Usia ini menjadi usia dimulainya kerentanan akan terkena penyakit jantung dan seharusnya mengambil tindakan pencegahan. Bagi wanita, menapaki umur 55 tahun atau telah mengalami menopause dini (sebagai akibat operasi) diharapkan kewaspadaannya. Pada usia dan kondisi ini risiko penyakit akan meningkat dan mulai menyusul kaum pria.

  • Riwayat penyakit jantung dalam keluarga

Riwayat serangan jantung yang terjadi di dalam keluarga seringkali adalah suatu akibat dari profil kolesterol yang tidak normal dan tidak dalam upaya pengontrolan.

  • Diabetes

Penting diingat bahwa kebanyakan penderita diabetes bukan meninggal karena kadar gula dalam darahnya yang sangat tinggi. Anda harus tahu bahwa kebanyakan kematian diakibatkan oleh komplikasi yang terjadi termasuk komplikasi yang terjadi pada jantung akibat diabetes yang tidak terkontrol.

  • Merokok

Risiko penyakit jantung koroner dari kegiatan merokok itu sebanding dengan kelebihan berat badan sebesar 100 pon. Jadi, tidak mungkin untuk menyamakan keduanya.

  • Penyakit Hipertensi

  • Obesitas atau Kegemukan
Kegemukan atau obesitas terutama obesitas sentral merupakan suatu hal yang perlu diwaspadai. Semua obesitas meningkatkan risiko penyakit jantung koroner, tapi obesitas sentral adalah tipe yang mempunyai peran utama dalam peningkatan risiko penyakit.

  • Gaya hidup buruk

Gaya hidup yang salah atau bahkan buruk adalah salah satu akar penyebab penyakit jantung. Seimbangkan kegiatan fisik dan mental Anda.

  • Stress

Banyak sekali penelitian dan studi yang telah menunjukkan bahwa stress memiliki pengaruh terhadap kondisi jantung. Bilamana seseorang menghadapi situasi yang tegang atau stress maka dapat terjadi keadaan arithmias jantung yang dapat mengancam jiwa.


0 Response to "Apa Penyebab Utama Dari Terkena Atau Terjadinya Penyakit Serangan Jantung ?"

Posting Komentar

Silahkan komentar, tanggapan, saran, dan kritiknya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel