Apa itu Penyakit Tekanan Darah Tinggi (Hypertension)?

Apakah penyakit darah atau tensi tinggi itu? Apakah penyakit tekanan darah tinggi bisa disembuhkan? Apa penyebab penyakit tekanan darah tinggi? Dan masih banyak lagi pertanyaan yang muncul jika memang membahas masalah ini. Yuk kita mulai perlahan-lahan di artikel ini dan artikel-artikel penjelasan lainnya.

Definisi Penyakit Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Pertama sekali, mari kita memberikan definisi tentang tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi atau yang biasa disebut dengan istilah hipertensi adalah suatu kondisi dimana terdapatnya tingkat kekuatan darah yang tinggi secara konsisten yang menekan dinding-dinding pembuluh darah.

Bagaimana Tekanan Darah dan Sistem Sirkulasi Anda Bekerja?

Untuk bertahan hidup dan berfungsi dengan baik, jaringan dan organ tubuh membutuhkan darah yang mengandung oksigen yang dibawa oleh sistem sirkulasi ke seluruh tubuh. Ketika jantung memompa, hal ini menciptakan tekanan yang menekan dan mendorong melalui pipa jaringan pembuluh darah, yaitu arteri-arteri, vena-vena, dan kapiler. Tekanan ini - tekanan darah - menghaslkan dua kekuatan: Kekutan pertama (tekanan sistolik) terjadi saat darah di pompa keluar dari jantung masuk ke arteri-arteri lalu kapiler di sistem sirkulasi. Kekuatan kedua (diastolik) diciptakan saat oto jantung sedang dalam fase istirahat diantara denyutan jantung. Kedua tekanan ini masing-masing menunjukkan nilai pada pembacaan tekanan darah.

Penyakit Tensi Tinggi: Kerusakan dimulai pada pembuluh-pembuluh darah dan jantung.

Kekuatan yang besar lama kelamaan akan menimbulkan kerusakan bila tidak dikontrol. Proses utama dimana tekanan darah yang tinggi menyebabkan kerusakan adalah peningkatan beban kerja jantung dan pembuluh darah. Hal ini membuat jantung bekerja lebih berat tapi tetap kurang efisien. (bagaimana tekanan darah tinggi dapat merusak arteri: klik di sini)

Seiring berjalannya waktu, kekuatan dan gesekan yang terus-menerus oleh tekanan yang besar ini nantinya juga akan merusak jaringan-jaringan halus di dalam lapisan pembuluh darah. Pada gilirannya, kolesterol jenis LDL (umumnya disebut kolesterol jahat) akan membentuk plak-plak di sepanjang kerusakan-kerusakan kecil di dinding arteri tadi. Nah, inilah cikal bakal terjadinya plak aterosklerosis. (bagaimana aterosklerosis terbentu: lihat di sini)

Yuk lihat video tentang hubungan tekanan darah tinggi dengan aterosklerosis

klik subtitle untuk memunculkan english subtitle
credit: MedTV channel

Semakin banyak plak dan kerusakan yang terjadi maka bagian dalam dinding pembuluh darah akan semakin sempit yang membuat semakin kaku nya pembuluh darah. Ini ibarat lingkaran setan yang akan menimbulkan tekanan darah tinggi kembali. Kerusakan akan terus terjadi hingga pembuluh darah benar-benar hancur total (bisa tersumbat atau pecah). Kondisi ini akan menunjukkan gejala mulai dari aritmia hingga stroke atau serangan jantung.

Tekanan Darah Tinggi adalah Pembunuh Dalam Diam

Anda mungkin tidak merasakan sesuatu yang salah, tetapi tekanan darah tinggi dapat secara diam-diam menyebabkan kerusakan dan bisa mengancam nyawa Anda. Pencegahan terbaik adalah dengan selalu mengetahui nilai tekanan darah Anda dan melakukan pemerliharaan kestabilan nya setiap saat. Pahami nilai tekanan darah Anda dan cara memanajemennya.

0 Response to "Apa itu Penyakit Tekanan Darah Tinggi (Hypertension)?"

Posting Komentar

Silahkan komentar, tanggapan, saran, dan kritiknya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel